nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Raihan Poin Tertinggi Marc Marquez saat Mentas di MotoGP

Bagas Abdiel, Jurnalis · Kamis 10 Oktober 2019 12:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 10 38 2115123 5-raihan-poin-tertinggi-marc-marquez-saat-mentas-di-motogp-RNG3pic0ll.jpg Marc Marquez (Foto: Laman resmi MotoGP)

GELARAN MotoGP 2019 akan segera memasuki fase-fase akhir. Meski masih menyisakan empat balapan, tetapi gelar juara dunia telah dipastikan oleh Marc Marquez yang baru saja diraih saat mentas di MotoGP Thailand 2019.

Meski telah memastikan titel juara dunia, tetapi Marquez masih bisa mengincar pencapaian lainnya yakni mencetak rekor poin tertinggi di ajang MotoGP. Saat ini Marquez tercatat telah mengumpulkan 325 poin dari 15 seri balapan yang sudah berlangsung di MotoGP 2019.

Hanya membutuhkan dua kali kemenangan saja di empat seri balapan tersisa, Marquez sudah mampu melampaui catatan poin tertingginya selama berkarier di MotoGP. Lalu berapa saja poin yang sudah diraih Marquez selama mentas di MotoGP. Berikut lima daftar raihan poin tertinggi Marquez di MotoGP.

5. MotoGP 2016 dan 2017

Pada dua musim tersebut, Marquez mencapai poin yang sama yakni 298. Dengan raihan tersebut, Marquez pun sudah memastikan diri keluar sebagai juara dunia dengan cukup meyakinkan. Pada 2016, ia mengoleksi lima kemenangan, sementara pada 2017 ia mengumpulkan kemenangan lebih banyak yakni enam kali.

Marc Marquez (Foto: AFP)

4. MotoGP 2018

Pada 2018, Marquez meraih titel juara setelah mengoleksi 321 poin. Kali ini, kemenangan yang diraih Marquez lebih meyakinkan karena unggul jauh dari pesaingnya, Andrea Dovizioso dengan jarak 76 poin. Pada musim tersebut, Marquez mengumpulkan sembilan kemenangan dari 19 balapan.

Marc Marquez (Foto: AFP)

3. MotoGP 2019

Rangkaian MotoGP musim ini memang belum berakhir, tetapi pencapaian Marquez terbilang luar biasa. Meski masih menyisakan empat balapan, tetapi poin Marquez yang diraih pada musim ini telah menempatkan diri di posisi keempat.

Poin yang dimiliki Marquez saat ini adalah 325 poin. Tetapi, raihan itu masih bisa meningkat dan bisa saja menjadi yang tertinggi selama Marquez berkarier di MotoGP, bahkan bukan tidak mungkin juga memecahkan rekor poin tertinggi dalam sejarah MotoGP. Poin tertinggi dalam sejarah MotoGP saat ini masih dipegang Valentino Rossi dengan koleksi 383 angka.

Marc Marquez (Foto: Laman resmi MotoGP)

2. MotoGP 2013

Pada MotoGP 2013, Marquez melakukan penampilan perdananya di kelas MotoGP. Alih-alih menjadi pembalap rookie, Marquez mampu tampil luar biasa dan langsung membukukan diri sebagai juara dunia MotoGP di tahun pertamanya. Bersaing dengan Jorge Lorenzo, Marquez hanya unggul tipis empat angka dengan total raihan 334 poin.

Pada musim tersebut, balapan memang hanya didominasi oleh Marquez dan Lorenzo. Marquez sendiri sukses sejatinya hanya meraih enam kemenangan saja, sementara Lorenzo meraih delapan kemenangan. Tetapi, Marquez tampil lebih konsisten dengan sering berdiri di podium ketimbang Lorenzo.

Marc Marquez (Foto: AFP)

1. MotoGP 2014

Kegemilangan Marquez pada tahun pertama berlanjut pada musim kedua di MotoGP. Dominasi Marquez kali ini tidak tanggung. Menjalani 18 seri balapan, pembalap berjuluk The Baby Alien itu mengumpulkan 13 kemenangan. Raihan itu pun menempatkan Marquez di posisi puncak dengan koleksi 362 poin.

Marc Marquez (Foto: AFP)

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini