nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Wakil Terakhir Indonesia yang Kampiun Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 08 Oktober 2019 19:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 08 40 2114435 5-wakil-terakhir-indonesia-yang-kampiun-kejuaraan-dunia-bulu-tangkis-junior-j1XuZ0s6dg.jpg Leo Rolly Carnando/Indah Cahya Sari Jamil. (Foto: Laman resmi PBSI)

INDONESIA berhasil mengukir prestasi yang apik di pentas Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior. Beberapa pebulu tangkis di Tanah Air berhasil keluar sebagai kampiun dalam ajang tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

Teranyar, Tim Indonesia berhasil menyegel gelar juara di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2019 pada nomor beregu setelah menumbangkan China dengan skor 3-1. Gelar juara ini pun menjadi yang pertama kalinya diraih Indonesia pada nomor tersebut di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior.

Kini, para wakil Indonesia pun tengah berjuang untuk merebut gelar di nomor perorangan. Sebelum mengetahui lebih lanjut perjalanan mereka di pentas Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior tahun ini, mari menilik para wakil Indonesia yang sudah lebih dahulu menyegel gelar di sana. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, berikut lima wakil terakhir Indonesia yang kampiun di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior.

5. Alfian Eko Prasetya/Gloria Emanuelle Widjaja

Di urutan kelima, gelar juara berhasil diraih di nomor ganda campuran pada gelaran Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2011. Gelar ini didapat lewat aksi pasangan Alfian Eko Prasetya/Gloria Emanuelle Widjaja.

Alfian Eko Prasetya/Gloria Emanuelle Widjaja

Pada tahun itu, penampilan para wakil Indonesia memang terbilang apik. Tak hanya Alfian/Gloria yang berhasil melaju ke final, ada wakil lainnya yang juga dapat meloloskan diri ke babak kampiun dari nomor tunggal putri dan ganda putri.

Di babak final sendiri, Alfian/Gloria berhadapan dengan rekan senegaranya, Ronald Alexander/Tiara Rosaliua Nuraida. Tetapi gelar juara akhirnya dipastikan jadi milik Alfian/Gloria setelah menaklukkan Ronald/Tiara dengan skor 12-21, 21-17, dan 25-23.

4. Edi Subaktiar/Melati Daeva Oktavianti

Selanjutnya, tren positif Indonesia di nomor ganda campuran dapat berlanjut ke tahun berikutnya. Kali ini, giliran pasangan Edi Subaktiar/Melati Daeva Oktavianti yang mengklaim gelar juara di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior pada 2012.

Edi Subaktiar/Melati Daeva Oktavianti

Gelar juara dipastikan menjadi milik Edi/Melati setelah bertarung melawan rekan senegaranya, yakni pasangan Alfian Eko Prasetya/Shella Devi Aulia. Laga dimenangkan Edi/Melati dua set langsung dengan skor 21-17 dan 21-13.

3. Gregoria Mariska Tunjung

Setelah Edi/Melati, Indonesia harus absen merengkuh gelar juara di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior selama beberapa musim. Baru pada 2017, puasa gelar itu dapat terhentikan. Musim itu, tak hanya satu gelar yang bisa diraih Indonesia. Salah satu gelar sendiri dapat diraih oleh Gregoria Mariska Tunjung.

Gregoria Mariska Tunjung

Gregoria memastikan diri keluar sebagai jawara di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2017 setelah menaklukkan tunggal putra China, Han Yue. Laga kala itu berlangsung ketat sehingga gelar baru bisa diraih setelah bertarung tiga set yang berakhir dengan skor 21-13, 13-21, dan 24-22.

2. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

Pada gelaran Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2017, gelar juara tak hanya didapat Gregoria, tetapi juga diraih di nomor ganda campuran. Gelar diraih lewat aksi dari pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Penampilan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

Kala itu, Indonesia kembali berhasil meloloskan dua wakilnya ke babak final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2017 di nomor ganda campuran. Tetapi, Rinov/Pitha berhasil menumbangkan rekan senegaranya, Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti, secara rubber game yang berakhir dengan skor 21-23, 21-15, dan 21-18.

1. Leo Rolly Carnando/Indah Cahya Sari Jamil

Tren positif Indonesia di nomor ganda campuran berhasil berlanjut ke tahun berikutnya. Pada gelaran Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2018, giliran pasangan Leo Rolly Carnando/Indah Cahya Sari Jamil yang meraih gelar.

Leo Rolly Carnando/Indah Cahya Sari Jamil

Kembali, dua pasangan Indonesia dapat lolos ke babak final. Leo/Indah berhadapan dengan pasangan Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Laga pun dimenangkan oleh Leo/Indah dengan skor 21-15 dan 21-9.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini