Share

5 Wakil Terakhir Indonesia yang Juara Korea Open

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 24 September 2019 19:22 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 24 40 2108826 5-wakil-terakhir-indonesia-yang-juara-korea-open-io3RnT2Jyh.jpg Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting. (Foto: PBSI)

TURNAMEN bulu tangkis Korea Open kembali digelar pada akhir pekan ini. Dalam gelaran Korea Open 2019, sejumlah pemain bintang di Indonesia pun turut berlaga. Beberapa pemain bahkan tercatat pernah merasakan manisnya merengkuh gelar juara di turnamen berlevel Super 500 tersebut.

Tentu saja, beberapa pemain tersebut kembali siap bertarung sekuat tenaga untuk merengkuh gelar juara pada musim ini. Selain penting untuk prestasi, hasil terbaik juga ingin diraih mereka demi menambah perolehan poin agar lolos ke Olimpiade 2020.

Sebelum mengetahui siapa saja peraih gelar juara musim ini, mari menilik pemain-pemain Indonesia yang sudah pernah naik podium pertama di Korea Open. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Selasa (24/9/2019), berikut lima wakil terakhir Indonesia yang juara Korea Open.

5. Luluk Hadiyanto/Alvent Yulianto

Di urutan pertama, ada nama pasangan ganda putra Indonesia, Luluk Hadiyanto/Alvent Yulianto. Penampilan apik Luluk/Alvent di ajang Korea Open 2004 berhasil mengantarkan mereka keluar sebagai juara.

Luluk Hadiyanto/Alvent Yulianto

Pada gelaran tahun itu, Luluk/Alvent pun menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang memenangi gelar juara di Korea Open. Sementara untuk empat gelar juara di nomor lainnya didapatkan oleh wakil dari China dan Korea. China menjadi yang paling mendominasi kala itu dengan menyabet tiga gelar juara dari nomor tunggal putra, tunggal putri, dan ganda putri.

4. Nova Widianto/Liliyana Natsir

Dua musim berselang, wakil Indonesia kembali berhasil merengkuh gelar juara di pentas Korea Open. Kali ini, gelar juara didapat dari nomor ganda campuran lewat aksi pasangan Nova Widianto/Liliyana Natsir.

Nova Widianto/Liliyana Natsir

Nova/Liliyana mengklaim gelar juara setelah menumbangkan wakil Denmark, Jans Eriksen/Mete Schjoldager. Laga berlangsung cukup sengit kala itu. Nova/Liliyana pun memastikan diri naik podium pertama setelah menang dengan skor 23-21 dan 21-18.

3. Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii

Selanjutnya, nama pasangan ganda putri Indonesia, Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii, juga sukses membawa harum nama Tanah Air di pentas Korea Open. Hal itu terjadi pada 2015. Penampilan impresif mereka berhasil membuahkan gelar juara.

Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii

Untuk bisa menyegel gelar juara, Nitya/Greysia harus bertarung melawan wakil tuan rumah, Chang Ye-na/Lee So-hee, di partai final. Aksi apik Nitya/Greysia pun membuat laga diselesaikan dua set langsung dengan skor 21-15 dan 21-18.

2. Praveen Jordan/Debby Susanto

Di urutan kedua, ada nama pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Debby Susanto. Praveen bersama pasangannya yang kini sudah pensiun, Debby, merengkuh gelar juara di ajang Korea Open pada 2017.

Praveen Jordan/Debby Susanto

Kala itu, Praveen/Debby berhasil melaju ke final setelah menumbangkan wakil Jerman, Marvin Emil Seidel/Linda Efler, dengan skor 21-18 dan 21-12. Tren positif Praveen/Debby pun berhasil dilanjutkan ke partai final. Mereka menyegel gelar juara setelah menumbangkan wakil China, Wang Yilyu/Huang Dongping, dengan skor 21-17 dan 21-18.

1. Anthony Sinisuka Ginting

Terakhir, ada nama salah satu tunggal putra kebanggaan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. Ia juga telah mencicipi manisnya naik podium pertama di Korea Open. Hal itu terjadi pada gelaran 2017, Anthony berhasil menggandakan gelar juara Indonesia pada tahun tersebut.

Anthony Sinisuka Ginting

Untuk bisa melangkah ke babak final, Anthony harus melakoni partai sengit melawan wakil tuan rumah, So Wan-ho. Laga di babak semifinal itu pun dapat diselesaikan Anthony dengan skor 16-21, 21-18, dan 21-13.

Di final, Anthony kembali harus bertarung sengit melawan rekan senegaranya, Jonatan Christie. Pertandingan di babak pamungkas itu akhirnya dimenangkan oleh Anthony setelah bertarung tiga set yang berakhir dengan skor 21-13, 19-21, dan 22-20.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini