nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Baru Diaspal, Sirkuit Silverstone Kembali Bermasalah Jelang MotoGP Inggris 2019

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 23 Juli 2019 08:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 23 38 2082284 baru-diaspal-sirkuit-silverstone-kembali-bermasalah-jelang-motogp-inggris-2019-zZJXY7PVSv.jpg Aspal di Sirkuit Silverstone kembali bermasalah usai dilapisi ulang (Foto: MotoGP)

SILVERSTONE – Masalah aspal di Sirkuit Silverstone, Inggris, masih belum usai. Ada kemungkinan aspal akan kembali diperbaiki untuk menghilangkan gelombang yang masih muncul di tikungan Brooklands sebelum MotoGP Inggris 2019, 24-25 Agustus mendatang.

Gelombang di tikungan Brooklands itu kembali menimbulkan masalah ketika digelar Formula One (F1) GP Inggris 2019 dua pekan lalu. Pembalap Renault Sport F1, Daniel Ricciardo, yakin rider-rider MotoGP tidak akan menyukai aspal bergelombang di tikungan setelah lintasan lurus Wellington tersebut.

Sirkuit Silverstone diaspal ulang (Foto: MotoGP)

Baca juga: Pembalap MotoGP Tidak Akan Menyukai Aspal Baru Sirkuit Silverstone

Pengelola Sirkuit Silverstone menggandeng firma desain trek MotoGP, Dromo, untuk perbaikan tersebut. Pemilik Dromo, Jarno Zaffelli menerangkan, perbaikan khusus pada tikungan Brooklands sudah sesuai dengan hasil inspeksi dari Federasi Balap Motor Internasional (FIM).

“Kami merancang ulang permukaan itu dengan dua lapisan. Lapisan pertama memakai material sesuai regulasi dan itu cukup mudah dilakukan karena lebih lunak. Sementara lapisan kedua lebih sulit dan sangat sensitif terhadap temperatur,” tutur Jarno Zaffelli, mengutip dari Motorsport, Selasa (23/7/2019).

“Kami tahu aspal baru ini punya drainase yang cukup bagus. Tingkat kerataan lapisan aspal membaik hingga 60% dari hasil perbaikan sebelumnya. Rekor catatan waktu yang dibukukan Lewis Hamilton pada F1 GP Inggris 2019 adalah buktinya,” imbuh pria berkebangsaan Italia tersebut.

Kualitas aspal Sirkuit Silverstone sudah teruji di F1 GP Inggris 2019

Aspal Sirkuit Silverstone diperbaiki karena batalnya MotoGP Inggris 2018 gara-gara genangan air hujan. Permukaan aspal yang baru diperbaiki beberapa bulan sebelumnya demi menghilangkan aspal bergelombang, justru menyebabkan terciptanya genangan-genangan yang dinilai membayakan keselamatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini