nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Marquez Beberkan Pentingnya Catatan Waktu di FP2

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 12 Juli 2019 20:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 12 38 2078168 marquez-beberkan-pentingnya-catatan-waktu-di-fp2-QL34RcZofa.jpg Marc Marquez mengatakan, catatan waktu pada FP2 dan FP4 paling penting untuk dianalisa (Foto: HRC MotoGP/Twitter)

CERVERA – Sesi latihan bebas biasa dimanfaatkan pembalap MotoGP untuk mencari setelan motor terbaik, termasuk juara dunia Marc Marquez. Pembalap Repsol Honda itu mengatakan, dari empat sesi latihan yang dijadwalkan pada setiap pekan balapan, hanya ada dua yang paling penting.

Sekadar informasi, setiap pekan balapan MotoGP terdiri dari empat sesi latihan, satu sesi pemanasan jelang lomba, dan satu sesi kualifikasi. Dua sesi latihan dilakukan pada hari Jumat, sementara dua sesi latihan lainnya dan satu kualifikasi, biasa dihelat pada Sabtu.

Marc Marquez menyebut catatan waktu pada FP2 dan FP4 sangat penting

Baca juga: Ducati Tuding Honda Prioritaskan Marquez, Puig: Ciabatti Harus Belajar Sejarah!

Setiap sesi latihan dimanfaatkan para pembalap untuk mencari setelan terbaik sekaligus momentum untuk mendapat feeling terhadap motor. Namun, bagi Marc Marquez, hanya sesi latihan bebas dua dan empat saja yang patut diperhatikan atau dianalisa secara mendalam.

“Di MotoGP, Anda hanya butuh menganalisa hasil FP2 dan FP4. FP1 dan FP3, Anda bisa melupakannya karena suhu trek biasanya berbeda dengan saat balapan. Ketika suhu trek lebih rendah, daya cengkeram motor sangat luar biasa sehingga bisa bekerja dengan baik,” tutur Marc Marquez, mengutip dari MotoMatters, Jumat (12/7/2019).

“Terkadang, Anda harus menganalisa lebih lanjut dua putaran pertama di FP2 dan FP4. Dua putaran pertama itu adalah kondisi sesungguhnya yang akan Anda temukan di balapan,” imbuh pembalap berusia 26 tahun itu.

Marc Marquez menganalisa hasil catatan waktu bersama kepala krunya, Santi Hernandez

Apa yang diutarakan oleh Marc Marquez memang tidak salah. Sebab, FP2 dan FP4 MotoGP biasanya digelar pada jam yang bersamaan dengan start balapan. Momen tersebut membuat para pembalap setidaknya mendapat gambaran kondisi lintasan saat lomba jika ramalan cuaca di hari lomba sama dengan sesi latihan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini