nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lorenzo Masih Bimbang Ingin Pakai Ban Apa di Montmelo

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 16 Juni 2019 13:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 16 38 2067018 lorenzo-masih-bimbang-ingin-pakai-ban-apa-di-montmelo-TRizTTtVV6.jpg Pembalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo (Foto: Laman Resmi MotoGP)

BARCELONA – Pembalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo, mengaku masih belum menentukan ban apa yang akan digunakannya kala berlaga di ajang MotoGP Catalunya 2019. Balapan di Sirkuit Catalunya, Montmelo, tersebut akan dihelat pada Minggu (16/6/2019) malam WIB.

Sepanjang akhir pekan di Catalunya, yakni pada saat melakukan sesi latihan bebas dan kualifikasi, Lorenzo adalah satu-satunya pembalap Honda yang menggunakan ban bertipe soft untuk bagian depan. Sedangkan pembalap Honda lainnya, seperti Marc Marquez dan Cal Crutchlow, menggunakan perpaduan ban bertipe hard dan medium.

(Baca juga: Marquez Sedikit Kecewa karena Gagal Pole Position di Catalunya)

Jorge Lorenzo

Jika dibandingkan dengan hasil yang didapat Marquez, Lorenzo memang tertinggal cukup jauh. Saat kualifikasi, Marquez menempati posisi kedua. Sementara itu, Lorenzo hanya bisa meraih tempat ke-10. Akan tetapi, bukan berarti pilihan ban Lorenzo itu salah.

Pasalnya, jika dibandingkan dengan hasil-hasil Lorenzo di sesi kualifikasi lainnya, ini adalah salah satu yang terbaik yang bisa diraihnya. Pembalap berjuluk X-Fuera itu akhirnya memutuskan kalau ia baru akan menentukan pilihannya setelah melakoni sesi pemanasan sebelum balapan dimulai.

“Pada tahun 2018, karet ban itu baru di sini, dan sebagian besar pembalap melaju dengan menggunakan ban bertipe soft. Sepertinya permukaan sudah lapuk dan habis, jadi kami memiliki cengkeraman yang lebih sedikit. Saya tidak tahu apakah itu memiliki efek negatif pada ban bertipe soft,” ungkap Lorenzo, menyadur dari Speedweek, Minggu (16/6/2019).

Jorge Lorenzo

“Saya mencoba campuran ban bertipe medium dan soft di bagian depan dan belakang. Saat ini saya merasa lebih aman dengan ban bertipe soft, terutama dalam posisi miring. Tapi, saya belum memutuskannya. Kami harus mempelajari ini secara rinci saat pemanasan," tandas Lorenzo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini