nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apresiasi Kehebatannya, Niki Lauda Sempat Dibuatkan Film

Bagas Abdiel, Jurnalis · Selasa 21 Mei 2019 16:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 21 37 2058483 apresiasi-kehebatannya-niki-lauda-sempat-dibuatkan-film-nrKhLNFjCg.jpg Niki Lauda (Foto: AFP)

LEGENDA balap Formula One (F1), Niki Lauda, mengembuskan napas terakhirnya pada usia yang ke-70 tahun. Kabar duka tersebut membuat banyak pecinta olahraga F1 merasa kehilangan sosok legenda yang begitu tangguh pada masa kejayaannya.

Bukan hanya soal tiga gelar juara yang ia miliki, tetapi publik juga masih mengingat rivalitas Lauda dengan James Hunt yang penuh dengan tensi tinggi. Bahkan drama ketegangan mereka pun sempat dibuatkan film dengan judul “Rush” yang dirilis pada 2013.

Niki Lauda

Film Rush diangkat dari kisah nyata persaingan keduanya yang begitu terkenal pada era 70an. Salah satu tragedi yang paling terkenal adalah soal balapan Grand Prix Jerman pada 1976. Situasi itu bahkan nyaris mengancam nyawa Lauda yang mengalami kecelakaan parah.

Berawal dari kondisi cuaca yang sangat buruk, membuat perlombaan sangat tidak aman untuk dilakukan. Lauda pun mendesak pembalap lain untuk memboikot balapan dengan alasan keselamatan. Sementara Hunt juga memaksa balapan tetap dilaksanakan karena apabila dibatalkan akan menguntungkan Lauda.

Baca juga Legenda F1, Niki Lauda Tutup Usia

Akhirnya perlombaan tetap berlanjut dan Lauda menjadi korban kecelakaan yang nyaris meregang nyawa karena terbakar. Perawatan berat pun harus dijalani Lauda untuk memulihkan kondisinya. Tetapi, Lauda secara ajaib hanya dalam waktu enam bulan mampu bangkit dan kembali ke dunia balap.

Niki Lauda

Lauda sempat mengatakan alasan dirinya bisa cepat pulih dari kecelakaan tersebut karena ia termotivasi persaingannya dengan Hunt. Meski gagal menjadi juara dunia, tetapi setahun berikutnya ia mampu membalaskan kegagalannya. Pada 1977, Lauda kembali merebut gelar juara dunia keduanya.

Cerita itu pula yang akhirnya membuat kisah rivalitas Lauda dan Hunt diangkat dalam film Rush. Bukan hanya rivalitas keduanya, tetapi kisah Lauda yang bangkit dari keterpurukan sangat menginspirasi banyak pihak dan membuat banyak orang kagum.

(Bad)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini