nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kudus Relay Maraton 2019 Kembali Digelar

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 07 Mei 2019 10:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 07 43 2052413 kudus-relay-maraton-2019-kembali-digelar-kgDseggnrz.jpg Liliyana Natsir (Foto: Ist)

JAKARTA - Kota Kudus, Jawa Tengah, kembali menjadi destinasi sport tourism dengan digelarnya  Kudus Relay Maraton (KRM) 2019. Penyelenggaraan ini merupakan yang kedua kalinya setelah pada tahun lalu KRM 2019 sukses menjadi lomba lari Relay Marathon sejauh 42,195 kilometer yang mengadopsi format Ekiden yang lebih dulu populer di Jepang. KRM akan bergulir pada 25 Agustus 2019 mendatang, di Kudus, Jawa Tengah.

Penyelenggaraan KRM 2018 terinspirasi dari lomba lari Ekiden di Jepang. Di Negeri Sakura itu, Ekiden yang merupakan lomba lari estafet beregu dengan empat peserta sangat populer dan diikuti oleh ribuan masyarakat setiap tahunnya. Ekiden yang paling terkenal adalah Hakone Ekiden yang diselenggarakan sejak tahun 1920 dengan menempuh jarak 217,9 kilometer dalam dua hari. Ekiden menjadi olahraga yang mendunia dan sangat digemari karena mengandalkan kerjasama dan kekompakan tim untuk meraih gelar juara.

Gaery Undarsa (Foto: Ist)

Berkaca dari kesuksesan KRM perdana tahun lalu, Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com Gaery Undarsa merasa optimis KRM 2019 akan mendapat sambutan positif dari masyarakat dan penggemar olahraga lari. Target jumlah peserta pun ditingkatkan dari tahun lalu 5.500 peserta menjadi 6.000 peserta untuk berbagai kategori pada tahun ini.

BACA JUGA: Lalu Muhammad Zohri Raih Medali Perak di Kejuaraan Atletik Asia 2019

“Diselenggarakannya kembali Tiket.com Kudus Relay Marathon pada tahun ini tidak terlepas dari animo masyarakat yang begitu besar di event perdana tahun lalu. Tidak hanya jumlah peserta yang mampu melebih target, namun juga sambutan hangat dan partisipasi dari masyarakat Kudus yang luar biasa. Maka dari itu melalui Tiket.com Kudus Relay Marathon tahun ini, kami kembali ingin mengajak masyarakat khususnya penggemar lari untuk ikut memajukan sport tourism yang semakin berkembang di Kudus,” ujar Gaery Undarsa dalam jumpa pers di Galeri Indonesia Kaya, Selasa (7/5/2019).

Liliyana Natsir (Foto: Ist)

Menurut Gaery, penyelenggaraan lomba lari di Kudus tidak terlepas dari keunikan Kota Kretek ini yang punya kemajemukan budaya, religi, sejarah, hingga kulinernya. Konsep sport tourism sangat tepat diimplementasikan di Kudus dengan berbagai keunikannya tersebut. Gaery menambahkan, pada KRM perdana tahun lalu, terdapat lebih dari 20 UMKM lokal Kudus yang ikut memeriahkan acara. Tahun ini jumlahnya dipastikan meningkat menjadi 40 UMKM lokal Kudus.

Semakin menarik, KRM 2019 juga akan diikuti oleh legenda bulu tangkis Indonesia, Liliyana Natsir. Atlet peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 yang baru saja pensiun itu akan menambah sensasi dan keseruan lomba relay marathon di Kudus ini. Kehadiran Liliyana semakin menambah kekhasan Kota Kudus yang selama ini juga dikenal sebagai kota bulu tangkis karena keberadaan klub PB Djarum. Selain Liliyana, sejumlah legenda bulutangkis Indonesia lainnya seperti Liem Swie King, Hariyanto Arbi, Hastomo Arbi, Eddy Hartono, Christian Hadinata dan Debby Susanto dipastikan mengikuti KRM 2019.

“Saya antusias sekali untuk memeriahkan Kudus Relay Marathon. Saya merasa Kudus juga merupakan bagian kota saya, karena PB Djarum tempat saya berlatih, berasal dari sana. Saya ingin mengajak masyarakat untuk berpartisipasi di kegiatan tersebut. Sambil berolahraga, juga mendukung perkembangan sport tourism di Kudus,” ungkap Liliyana.

(ADP)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini