nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Marquez Bicara soal Keabsahan Winglet Ducati di MotoGP Qatar 2019

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 08 April 2019 06:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 08 38 2040343 marquez-bicara-soal-keabsahan-winglet-ducati-di-motogp-qatar-2019-eVr5P5K6tA.jpg Marc Marquez (Foto: Laman resmi MotoGP)

AALST – Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, mengaku tak ingin terlalu ikut campur dalam masalah winglet Ducati yang menuai perdebatan. Ia sendiri mengatakan tak memahami secara pasti mengenai aturan tersebut sehingga memilih untuk netral.

Akan tetapi, Marquez tidak menyangkal jika winglet yang dipasang Ducati di Qatar memberi keuntungan lebih kepada pembalapnya, terutama Andrea Dovizioso. Hal itu terbukti dengan kemenangan yang diraih Dovizioso pada balapan seri pembuka MotoGP 2019 tersebut.

Marc Marquez (Foto: Laman resmi MotoGP)

“Saya tidak mengerti aturan ini dan saya tidak berpikir ada banyak orang yang memahaminya. Bagian itu telah menunjukkan bahwa ia memiliki efek aerodinamis saat berakselerasi dan mengerem,” ungkap Marquez, mengutip dari Motorsport-Total, Senin (8/4/2019).

Baca juga MotoGP Argentina 2019 Tandai Perkembangan Pesat Nakagami

“Tetapi ketika Anda mengatakan itu dilakukan dengan tujuan yang berbeda, Anda dapat membuatnya homolohgasi. Ini adalah area abu-abu dalam aturan yang dieksplorasi oleh Ducati. Sekarang tim lain harus mengikutinya,” tambah pembalap berusia 26 tahun itu.

Marc Marquez (Foto: Laman resmi MotoGP)

Sebelum gelaran MotoGP Argentina 2019, banyak tim melakukan protes terhadap winglet yang digunakan Ducati. Salah satu diantara mereka adalah Honda yang juga merupakan tim pabrikan dari Marquez.

Meski winglet Ducati menuai kontroversi, tetapi Federasi Motor Internasional (FIM) telah menetapkan keputusan. FIM pun menyatakan winglet yang digunakan Ducati di MotoGP Qatar 2019 adalah sah dan tidak menyalahi aturan. Keputusan tersebut dibuat sebelum gelaran MotoGP Argentina 2019 berlangsung

(Bad)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini