nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pembalap Italia Calon Penerus Rossi di MotoGP

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 25 Maret 2019 13:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 25 38 2034604 5-pembalap-italia-calon-penerus-rossi-di-motogp-hHjOw4t9z8.jpg Valentino Rossi. (Foto: Laman resmi MotoGP)

PEMBICARAAN soal masa depan Valentino Rossi di dunia balap motor kasta tertinggi, MotoGP, terus berembus kencang. Beberapa pihak kerap menerka-nerka kapan Rossi benar-benar bakal mengakhiri kariernya di ajang MotoGP. Pasalnya, usia sang pembalap kini sudah tak muda lagi. Bulan lalu, ia resmi berkepala empat.

Kondisi ini didukung pula oleh kontrak Rossi yang bakal segera habis bersama Yamaha. Di tim asal Jepang itu, kontrak The Doctor –julukan Rossi– bakal habis pada akhir musim 2020. Dengan situasi ini, Rossi pun berpeluang mengakhiri kariernya sebagai rider MotoGP dalam waktu dekat.

Di tengah maraknya spekulasi soal kapan Rossi bakal pensiun, pembicaraan tentang siapa penerus The Doctor pun tak kalah menghangat. Banyak pihak terus mencari dan menerka-nerka siapa pembalap muda Italia yang bakal mengikuti jejak gemilang Rossi di dunia balap motor. Nama beberapa rider muda berbakat pun terus bermunculan.

Kali ini, Okezone pun akan membahas pembalap-pembalap yang menjadi kandidat pengganti Rossi. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Senin (25/3/2019), berikut lima pembalap Italia calon penerus Rossi di MotoGP.

5. Nicolo Bulega

Di urutan kelima, ada nama Nicolo Bulega. Nama Bulega memang belum setenar pembalap muda lain dari Italia yang telah berkarier di ajang balap motor grand prix. Tetapi, pembalap berusia 19 tahun ini dipercaya bakal memilik karier yang gemilang di masa mendatang.

Nicolo Bulega

Hal ini diyakini jika menilik torehan Bulega selama menjajaki karier di ajang balap motor grand prix. Memulai perjalanannya pada 2016 dengan terjun di kelas Moto3, Bulega bisa langsung tampil ciamik dengan meraih dua podium. Alhasil, pembalap yang lahir di Montecchio Emilia, Italia, itu bisa finis di posisi ketujuh. Hasil ini pun dipercaya bisa terus meningkat seiring berjalannya karier Bulega.

4. Lorenzo Baldassarri

Selanjutnya, ada nama Lorenzo Baldassarri. Pembalap berusia 22 tahun ini disebut-sebut memiliki potensi untuk menorehkan karier yang tak kalah gemilang dari Rossi. Pasalnya, Baldassarri memiliki bakat yang apik dalam dunia balap motor. Ia telah menunjukkan diri sebagai salah satu pembalap yang tak boleh dipandang sebelah mata sejak memulai perjalanan di kelas Moto2.

Lorenzo Baldassarri

Di tahun keduanya mentas di kelas tersebut, Baldassarri telah berhasil meraih podium sehingga finis di posisi kesembilan pada klasemen akhir Moto2 2015. Penampilannya pun terbilang konsisten karena Baldassarri bisa terus finis di posisi 10 besar pada musim-musim selanjutnya. Musim lalu, ia bahkan bertengger di posisi kelima setelah meraih satu kemenangan dan empat podium.

Musim ini, hasil yang jauh lebih manis pun berpotensi diraih Baldassarri. Sebab, ia telah berhasil membuat permulaan yang manis dengan meraih kemenangan di GP Qatar. Dengan situasi ini, Baldassarri dipercaya bakal memiliki karier yang cemerlang di dunia balap motor sehingga bisa meneruskan jejak Rossi.

3. Luca Marini

Nama adik tiri Rossi, Luca Marini, juga masuk daftar calon suksesor The Doctor. Marini dipercaya banyak pihak mampu meneruskan karier gemilang sang kakak di dunia balap motor. Sebab, bakat yang tak kalah apik dari Rossi juga dimiliki Marini.

Luca Marini

Kemampuan Marini dalam berkarier di dunia balap motor sendiri telah dibuktikan lewat penampilannya selama tiga musim terakhir di kelas Moto2. Peningkatan yang signifikan bisa terus ditunjukkan pembalap berusia 21 tahun itu.

Saat memulai karier di kelas Moto2 pada 2016, Marini hanya mampu finis di posisi ke-23. Tetapi setahun kemudian, ia dapat meningkatkan secara drastis posisinya di klasemen akhir Moto2 dengan bertengger di tempat ke-15. Musim lalu pun Marini kembali menunjukkan bahwa dirinya tak boleh dipandang sebelah mata karena berhasil mengakhiri perlombaan Moto2 2018 di tempat ketujuh. Jika situasi ini terus berlanjut, Marini tentu saja bisa menjadi penerus Rossi.

2. Francesco Bagnaia

Di posisi kedua, ada pembalap anyar MotoGP, Francesco Bagnaia. Sejak dipastikan naik kasta ke kelas MotoGP, Bagnaia sudah digadang-gadang banyak pihak mampu menjadi penerus Rossi di masa mendatang. Hal ini didukung pula dengan status Bagnaia yang pernah menjadi anak murid Rossi di Academy VR46.

Francesco Bagnaia

Jika menilik torehan Bagnaia sebelumnya, pandangan banyak pihak pun tentu saja berpotensi besar terjadi di beberapa tahun ke depan. Sebab, Bagnaia sendiri sejauh ini telah berhasil merengkuh satu gelar juara yang didapat di kelas Moto2 pada 2017.

Pandangan soal potensi Bagnaia menjadi penerus Rossi semakin mencuat setelah tes pramusim MotoGP 2019. Pasalnya, di tes tersebut, pembalap berusia 22 tahun itu bisa terus menuai hasil manis. Bahkan, hasil yang diraihnya di tes pramusim MotoGP 2019 di Malaysia bisa mengalahkan Rossi.

1. Franco Morbidelli

Terakhir, ada nama pembalap tim satelit Yamaha di kelas MotoGP, Franco Morbidelli. Pembalap berusia 25 tahun ini jadi yang paling digembar-gemborkan mampu menggantikan peran Rossi setelah pensiun dari MotoGP. Pasalnya, Morbidelli berhasil berbicara banyak sejak debut di kelas MotoGP.

Franco Morbidelli

Memulai karier di ajang MotoGP pada 2017, Morbidelli mampu menyegel gelar rookie of the year. Ia mampu mengalahkan pembalap debutan lain yang juga tampil ciamik pada musim itu. Ketangguhan Morbidelli pun terus berlanjut pada musim ini. Di seri perdana MotoGP 2019, ia bisa finis di posisi ke-11 sehingga meraih lima poin perdananya.

Sama seperti Bagnaia, Morbidelli yang juga mantan murid Rossi di Academy VR46 juga diyakini banyak pihak mampu menorehkan karier yang lebih gemilang di masa mendatang. Dengan begitu, peraih satu gelar juara di Moto2 itu bisa meneruskan jejak Rossi di dunia balap motor.

1 / 5
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini