nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Marquez Komentari Komponen Ilegal di Motor Ducati

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 12 Maret 2019 05:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 12 38 2028717 marquez-komentari-komponen-ilegal-di-motor-ducati-OYgPQz7qqt.jpg Andrea Dovizioso dan Marc Marquez (Foto: Laman resmi MotoGP)

LOSAIL – Tim Mission Winnow Ducati menjadi sorotan selepas MotoGP Qatar 2019. Sayangnya, sorotan tersebut bernada negatif karena pabrikan asal Italia tersebut dianggap menggunakan komponen aerodinamika ilegal hingga berhasil mengantar Andrea Dovizioso memenangi balapan.

Sayap tambahan pada lengan ayun motor Ducati Desmosedici GP19 menuai protes dari tim pabrikan lain, yaitu Honda, Suzuki, KTM, dan Aprilia. Federasi Balap Motor Internasional (FIM) lantas menyebut bahwa sayap tambahan tersebut ilegal.

Meski harus mengakui keunggulan Andrea Dovizioso saat balapan, yang kemungkinan besar berkat perangkat ilegal tersebut, Marc Marquez enggan memanaskan situasi. Pembalap Repsol Honda itu tetap secara jantan mengakui kalau Dovi adalah pemenang balapan.

Sayap tambahan di lengan ayun Ducati diprotes banyak tim (Foto: Laman resmi MotoGP)

(Baca juga: Ducati Dituduh Gunakan Komponen Ilegal di MotoGP Qatar 2019, Begini Reaksi Ciabatti)

“Saya hanya berusaha fokus mengeluarkan 100% kemampuan di trek. Hari ini (Senin 11 Maret 2019 dini hari WIB) ada satu pembalap yang lebih cepat dari saya dan dia adalah Dovizioso. Jadi, dia mengalahkan saya,” tutur Marc Marquez, melansir dari Crash, Selasa (12/3/2019).

Dovizioso sendiri tidak sempat menggunakan komponen baru itu hingga sesi pemanasan jelang balapan. Ia bahkan merasa tidak ada bedanya pada motor yang menggunakan sayap tambahan di belakang maupun tanpa tambahan perangkat tersebut.

Marc Marquez dan Andrea Dovizioso

Sesungguhnya Ducati memakai dua komponen aerodinamika tambahan di motor Desmosedici GP19 saat balapan. Yang pertama yaitu sayap tambahan di lengan ayun yang diklaim dapat mengalirkan udara hingga mencegah ban belakang terlalu cepat panas. Yang kedua adalah lempengan tambahan di ban depan.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini