nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ferrari Persilakan Vettel-Leclerc Bersaing Secara Terbuka

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 04 Maret 2019 00:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 03 37 2025319 ferrari-persilakan-vettel-leclerc-bersaing-secara-terbuka-4RgE3KFFpD.jpg Duo pembalap Scuderia Ferrari Charles Leclerc dan Sebastian Vettel (Foto: Scuderia Ferrari/Twitter)

MARANELLO – Prinsipal Tim Scuderia Ferrari, Mattia Binotto, mempersilakan kedua pembalapnya yakni Sebastian Vettel dan Charles Leclerc untuk bersaing secara terbuka di Formula One (F1) 2019. Ucapan tersebut mengoreksi pernyataannya saat peluncuran mobil SF90 pada pertengahan Februari.

Binotto kala itu mengatakan, Ferrari akan memprioritaskan Sebastian Vettel di beberapa seri awal. Setelah itu, hasilnya akan dibandingkan dengan Charles Leclerc untuk kemudian diputuskan pembalap mana yang akan didukung penuh selama sisa musim.

Perlu diketahui, team order adalah strategi yang jamak dipakai di F1. Sebuah tim biasanya akan memprioritaskan satu pembalap yang dinilai dapat membawa prestasi tertinggi. Ferrari masuk dalam kategori ahli soal strategi team order.

Tim Scuderia Ferrari

(Baca juga: Ferrari Ungkap Alasan Vettel Bisa Kecelakaan di Sirkuit Catalunya)

Pada fase-fase krusial di F1 2018, Ferrari menggunakan taktik tersebut demi mengalahkan Mercedes AMG Petronas dengan mengorbankan Kimi Raikkonen. Namun, strategi tersebut kemungkinan besar tidak dipakai lagi karena dipandang Binotto justru membiarkan kedua pembalap bertarung akan menguntungkan.

Scuderia Ferrari SF90

“Mereka dipersilakan bertarung secara terbuka. Kami tidak akan meminta Charles untuk melambat atau Sebastian untuk melaju lebih cepat. Kami ingin keduanya mengeluarkan kemampuan maksimal dan melakukan yang terbaik,” ujar Mattia Binotto, melansir dari Crash, Senin (4/3/2019).

“Ada sedikit situasi ambigu di awal musim mengingat Sebastian punya lebih banyak pengalaman. Dia sudah bersama kami beberapa lama, dan punya pengalaman sebagai juara. Saya yakin pertarungan terbuka itu akan bagus untuk Ferrari,” imbuh pria berkebangsaan Italia tersebut.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini