nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Direktur Teknis MotoGP Izinkan Penggunaan Sayap Baru Yamaha-Ducati

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 14 Februari 2019 18:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 14 38 2018008 direktur-teknis-motogp-izinkan-penggunaan-sayap-baru-yamaha-ducati-PR9eU2e9u3.jpg Mission Winnow Ducati berinovasi dengan enam sayap kecil di fairing motor (Foto: Crash)

MADRID – Inovasi yang dilakukan Mission Winnow Ducati dan Monster Energy Yamaha pada fairing mereka mendapat restu dari Direktur Teknis MotoGP, Danny Aldridge. Ia memberi lampu hijau untuk penggunaan tambahan sayap kecil tersebut selama musim berjalan.

Desain sayap baru tersebut diperkenalkan oleh Yamaha dan Ducati saat mengikuti tes pramusim MotoGP 2019 di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, pekan lalu. Karena masih dalam rangka tes, maka sayap depan itu diizinkan penggunaannya.

(Baca juga: MotoGP Perketat Regulasi Fairing untuk Musim Balap 2019)

Alat penguji desain fairing milik MotoGP (Foto: Crash)

Cerita berbeda bila sudah resmi memasuki musim baru. Maka, Aldridge ditugaskan untuk menguji sayap depan tersebut menggunakan piranti khusus. Hasilnya, kedua desain sayap depan itu lulus uji.

Fairing baru Yamaha dan Ducati yang kalian lihat di Sepang sudah saya beri izin karena desainnya tidak melanggar. Milik Yamaha sudah saya uji dengan alat khusus, sementara Ducati baru meminjam alat itu, jadi saya belum tahu apakah lolos atau tidak,” ujar Danny Aldridge, mengutip dari Crash, Kamis (14/2/2019).

Tambahan sayap kecil di fairing motor Yamaha (Foto: Crash)

Perlu diketahui, MotoGP melarang penggunaan sayap tambahan di fairing motor, tetapi mengizinkan alat khusus guna menambah downforce motor yang terintegrasi dengan fairing. Namun, benda tersebut harus lulus uji yang dilakukan Aldridge dan timnya menggunakan piranti khusus.

Selain Yamaha dan Ducati, Suzuki serta KTM juga mencoba desain fairing baru di Malaysia. Namun, rancangan kedua tim tersebut hampir sama dengan yang lain. Sementara desain enam sayap kecil milik Ducati dan sayap terpisah milik Yamaha adalah hasil pengembangan terbaru.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini