nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Vinales dan Rossi Gunakan Setelan Berbeda sejak MotoGP Thailand 2018

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 10 Januari 2019 08:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 10 38 2002340 vinales-dan-rossi-gunakan-setelan-berbeda-sejak-motogp-thailand-2018-C68udbsfoD.JPG Duo pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi dan Maverick Vinales (Foto: Fabrizio Bensch/Reuters)

LESMO – Musim balap MotoGP 2018 dapat dibagi menjadi dua fase bagi Movistar Yamaha. Separuh musim awal, pabrikan asal Jepang itu sangat jeblok. Beruntung, memasuki paruh kedua tim berlogo garpu tala itu mampu bangkit, yang terlihat mulai dari MotoGP Thailand 2018.

Negeri Gajah Putih seakan menjadi titik balik musim bagi Yamaha yang mengalami 25 balapan beruntun tanpa kemenangan. Meski belum juga menang, Sirkuit Internasional Buriram membawa harapan akan perbaikan performa YZR M-1.

(Baca juga: Vinales Kembali Tegaskan Bukan Penyebab Dipecatnya Ramon Forcada)

Valentino Rossi dan Maverick Vinales

Hasil terbaik ditunjukkan oleh Maverick Vinales yang menempati peringkat tiga pada seri Thailand. Selain layout sirkuit yang cocok dengan YZR M-1, setelan motor juga tepat. Vinales pun mengakui setelah motornya dibuat berbeda dengan Valentino Rossi sehingga bisa meraih hasil maksimal.

“Sejak awal saya mencoba menyesuaikan gaya balap dengan motor. Akan tetapi, motor masih belum siap. Setelah bencana di Aragon, kami memutuskan melakukan perubahan. Sekarang saya bisa berkendara dengan gaya sendiri, banyak mengerem terlambat dan kemudian langsung melakukan akselerasi,” ujar Maverick Vinales, dilansir dari Tuttomotoriweb, Kamis (10/1/2019).

“Ketika keluar dari tikungan, saya dan Valentino punya gaya yang kurang lebih sama. Bagaimana pun juga, soal setelan motor, kami menggunakan setelan yang berbeda sejak MotoGP Thailand 2018 di Buriram hingga akhir musim,” imbuh pembalap berusia 23 tahun itu.

Maverick Vinales

Walau begitu, Vinales masih belum bisa mengalahkan Valentino Rossi di klasemen akhir pembalap MotoGP 2018. Ia hanya menempati urutan keempat, sedangkan The Doctor finis di urutan ketiga dengan koleksi 198 poin, unggul hanya lima angka dari Vinales.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini