nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Keunggulan Honda ketimbang Pabrikan Lainnya Menurut Doohan

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 19 Desember 2018 03:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 18 38 1993128 ini-keunggulan-honda-ketimbang-pabrikan-lainnya-menurut-doohan-tn7EdW5GS2.jpg Marc Marquez dan Tim Repsol Honda (Foto: Laman Resmi MotoGP)

MADRID – Dalam beberapa musim terakhir, Honda telah membuktikan diri sebagai pabrikan terkuat di pentas MotoGP. Hal itu dapat dilihat dari kesuksesan mereka merebut gelar juara dengan perolehan poin terbanyak. Menanggapi kondisi tersebut, mantan pembalap motor grand prix, Mick Doohan pun memberikan analisisnya terkait kekuatan Honda.

Salah satu hal yang membuat Honda tampil dominan dalam gelaran MotoGP dinilai Doohan lantaran mereka selalu memiliki pembalap hebat. Performa yang ditampilkan Marc Marquez, Dani Pedrosa, dan Cal Crutchlow dalam beberapa musim terakhir dinilainya memberi pengaruh yang cukup besar terhadap hasil yang didapat.

(Baca juga: Kehebatan Marquez Bukan Sebuah Kebetulan)

Marc Marquez

Selain soal pembalap, Honda juga dinilai selalu memiliki mesin motor yang konsisten. Jika pabrikan lainnya kerap mengalami masalah mengenai penurunan performa mesin mereka, Honda dinilai Doohan tak pernah mengalami kemerosotan yang signifikan. Kondisi mesin Honda disebut lebih stabil ketimbang pabrikan lainnya.

“Mereka selalu memiliki pembalap yang kuat, namun mereka juga mendapatkan platform untuk tetap tidak terlalu jauh dari baseline. Saya pikir, Yamaha, Suzuki, dan Ducati kadang-kadang mereka jauh di atas atau di bawah baseline, namun Honda lebih konsisten,” ujar Doohan, mengutip dari laman resmi MotoGP, Rabu (19/12/2018).

Tim Repsol Honda

“Saya tidak terlalu dekat dengan olahraga ini (MotoGP) dan tim-tim untuk benar-benar tahu apa yang sedang terjadi, namun pemahaman saya tentang bagaimana tim berada di masa lalu, masih terlihat seperti itu,” lanjutnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini