nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Atasi Wakil Thailand, Tommy Raih Kemenangan Pertama di BWF World Tour Finals 2018

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 12 Desember 2018 16:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 12 40 1990304 atasi-wakil-thailand-tommy-raih-kemenangan-pertama-di-bwf-world-tour-finals-2018-9FQtMcvjdx.jpg Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Tommy Sugiarto (Foto: PSBI)

GUANGZHOU – Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto, memetik kemenangan pertama di BWF World Tour Finals 2018 usai menaklukkan wakil Thailand, Kantaphon Wangcharoen. Pertandingan yang digelar di Tianhe Gymnasium, Guangzhou, China, Rabu (12/12/2018) sore WIB itu harus melewati tiga set dengan skor 21-18, 18-21, dan 21-11.

Pertandingan pertama di Grup B tunggal putra tersebut berjalan sengit di menit-menit awal. Namun, laga tersebut sempat terhenti karena Tommy mengalami cedera pada buku jari sehingga sempat mendapat perawatan di pinggir lapangan ketika skor sama kuat 9-9.

(Baca juga: Greysia/Apriyani Tertunduk dari Wakil Jepang di BWF World Tour Finals 2018)

Beruntung, pria berusia 30 tahun itu masih bisa melanjutkan pertandingan. Interval pertama pun direbut oleh Tommy dengan skor 11-10.

Tommy Sugiarto

Usai interval, pertandingan kembali berjalan ketat. Kedua pebulu tangkis kerap terlibat reli-reli panjang dalam perolehan poin. Tommy sedikit memanfaatkan kesalahan Kantaphon yang sering terburu-buru saat mengembalikan bola hingga merebut set pertama dengan skor 21-18.

Kantaphon sepertinya baru mulai panas ketika memasuki gim kedua. Pria berusia 20 itu unggul 8-11 memasuki interval pertama dari Tommy Sugiarto. Reli-reli panjang kembali mewarnai pertarungan keduanya. BWF sempat mencatat Tommy dan Kantaphon terlibat 66 pukulan reli dalam satu kesempatan.

Set kedua akhirnya direbut oleh pemuda asal Bangkok itu walau Tommy sempat memperkecil ketinggalan. Skor akhir 18-21 memastikan pertandingan dilanjutkan ke gim ketiga alias rubber set.

Tommy Sugiarto

Tommy memulai set ketiga dengan tempo tinggi. Ia tidak membiarkan pebulu tangkis peringkat 17 dunia itu leluasa memetik poin. Hasilnya, pebulu tangkis asal Jakarta itu unggul 11-5 saat interval.

Beberapa saat setelah interval akhir dimulai, Tommy kembali mendapatkan perawatan karena cedera. Walau begitu, penampilannya tetap terjaga dan tidak membiarkan Kantaphon memetik banyak poin tambahan. Skor akhir 21-11 untuk Tommy Sugiarto.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini