nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kompetisi Dalam Negeri yang Sengit Bikin Bulu Tangkis Jepang Berjaya

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 09 Desember 2018 15:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 09 40 1988849 kompetisi-dalam-negeri-yang-sengit-bikin-bulu-tangkis-jepang-berjaya-UlPCGz5AcH.jpg Tunggal Putri Jepang, Akane Yamaguchi (Foto: BWF)

GUANGZHOU – Jepang merupakan negara yang tampil paling dominan dalam kejuaraan bulu tangkis dunia (BWF World Tour) 2018. Bagaimana tidak, pasalnya ketangguhan para pemain Jepang mampu tersebar secara merata di semua nomor. Menurut mantan pebulu tangkis China, Gong Weijie, hal itu bisa tercipta lantaran Jepang memiliki sistem kompetisi yang sehat di dalam negerinya.

Sebelum ini, dunia bulu tangkis tak bisa dimungkiri selalu didominasi oleh China. Dalam kurun waktu satu dekade lebih, para pemain China mampu merajai berbagai nomor. Akan tetapi, masa telah beganti, Jepang telah mengalami banyak perubahan dan memperbaiki regenerasi pemain mereka dengan menciptakan kompetisi yang sengit di dalam negeri.

(Baca juga: Legenda Bulu Tangkis Denmark Bicara Peluang Marcus/Kevin di BWF World Tour Finals 2018)

Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi

Tak ayal, para pemain Jepang pun kini tampil sebagai unggulan di berbagai nomor. Tercatat, Jepang merupakan negara yang pemainnya paling banyak memenangkan turnamen di BWF World Tour 2018. Secara keseluruhan, Jepang meraih 45 kemenangan, dengan rincian empat kemenangan si turnamen super 1000, sembilan kemenangan di super 750, 12 kemenangan di super 500, 11 di super 300, dan sembilan di super 100.

“Setelah lebih dari satu dekade dalam hibernasi, Jepang telah kembali secara signifikan lebih kuat. Persaingan klub yang sengit di Jepang telah menghasilkan kekuatan secara mendalam,” ujar Gong, menukil dari laman resmi BWF, Minggu (9/12/2018).

Kento Momota

“Kento Momota (tunggal putra Jepang) kembali dan menemukan posisinya dengan cepat (setelah mengalami cedera), memenangkan Kejuaraan Dunia dan mendominasi tunggal putra. Kami tidak menyangka dia akan kembali dengan begitu kuat dan mengambil posisi teratas,” lanjutnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini