nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Marc Marquez Atasi Jet Lag di Antara Pekan Balapan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 17 Oktober 2018 13:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 17 38 1965155 cara-marc-marquez-atasi-jet-lag-di-antara-pekan-balapan-fSh8jk1HBH.JPG Pembalap Repsol Honda Marc Marquez (Foto: Darren Staples/Reuters)

MOTEGI – Musim balap MotoGP 2018 yang cukup panjang bisa membuat seorang pembalap kelelahan. Apalagi, sebagian kecil sirkuit berada di luar Benua Eropa sehingga para pembalap butuh menumpang pesawat terbang untuk berpindah-pindah.

Problem utama saat terbang dengan menggunakan pesawat adalah jet lag. Gangguan tersebut sudah pasti dirasakan oleh semua pembalap, tidak terkecuali Marc Marquez. Namun, rider Repsol Honda ini punya trik jitu dalam mengatasi jet lag saat berpindah benua.

(Baca juga: Berambisi Kunci Gelar Juara, Begini Rekam Jejak Marc Marquez di Jepang)

Marc Marquez

Marquez menuturkan, pemilihan waktu penerbangan menjadi kunci utama. Ia lebih memilih jam penerbangan dengan waktu ketibaan sekira sore hari di tempat tujuan. Hal itu sangat berguna agar bisa segera menyesuaikan diri dengan jam tidur di destinasi.

“Pilih jam penerbangan di mana Anda akan tiba di tujuan pada sore hari. Ketika saya mendarat di Jepang pada pagi hari, saya malah terjaga sepanjang hari hingga tidur. Akibatnya, saya berkeliaran seperti zombie setidaknya selama tiga hari,” ujar Marc Marquez, dilansir dari Speedweek, Rabu (17/10/2018).

Pembalap berusia 25 tahun itu menambahkan, hari istirahat juga penting untuk mengatasi jet lag. Akan tetapi, waktu beristirahat bukan berarti dirinya bisa bermalas-malasan. Ia malah memilih untuk melakukan aktivitas olahraga demi menjaga kebugaran.

Marc Marquez

“Tentu saja! Saat istirahat saya diizinkan melakukan dan makan apapun yang saya inginkan. Tentu saya memilih makanan sehat dan berolahraga. Waktu istirahat bukan berarti Anda bermalas-malasan,” tukas Marc Marquez.

(fmh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini