nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dheva Anrimusthi sang Penentu Emas Pertama Indonesia di Asian Para Games 2018

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Minggu 07 Oktober 2018 17:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 07 43 1960779 dheva-anrimusthi-sang-penentu-emas-pertama-indonesia-di-asian-para-games-2018-CRH6LKWChC.jpg Dheva Anrimusthi. (Foto: Okezone/Admiraldy Eka Saputra)

JAKARTA – Atlet bulu tangkis Indonesia, Dheva Anrimusthi, menjadi pahlawan setelah berhasil mengunci medali emas pertama untuk Indonesia di ajang Asian Para Games 2018. Dalam partai final yang berlangsung di Istora Senayan, Minggu (7/10/2018), Dheva yang turun di partai penentuan bermain dengan penuh percaya diri hingga akhirnya mampu menundukkan Ahmad Azri, wakil Malaysia, melalui pertandingan dua set langsung, 21-6 dan 21-14.

Sekadar diketahui, Dheva sendiri memulai karier bulu tangkisnya dengan bergabung ke salah satu klub yakni Chandra Wijaya Indonesia Badminton Club sebelum akhirnya memutuskan untuk pindah ke klub SGS Bandung. Ia bahkan terbilang cukup berprestasi dan sempat mengikuti berbagai macam turnamen badminton.

Dheva Anrimusthi

(Foto: Okezone/Admiraldy Eka Saputra)

Nasib malang tak dapat ditolak, kecelakaan motor pada 2013 membuat remaja kelahiran Kuningan 5 Desember 1998 itu sempat berada dalam masa-masa sulit. Dheva yang mulai bersinar di usia remaja terpaksa vakum dari dunia bulu tangkis hingga tiga tahun lamanya. Akan tetapi, dukungan dari orangtua serta orang-orang terdekat membuatnya tetap bersemangat untuk kembali berprestasi.

"Emang dari kecil sih ya saya pengen terus jadi juara. Tapi ya mau gimana lagi, memang rezeki saya di sini. Saya cuma pengen kasih yang terbaik untuk orangtua saya, buat Indonesia. Kalau down sih pasti sempat ya, cuma dukungan dari orangtua sih ya yang jelas yang bisa bawa saya untuk berada di sini," ujar Dheva kepada pihak Okezone, Minggu (7/10/2018).

BACA JUGA: Emas Pertama Cabor Bulu Tangkis Diharapkan Bisa Menular ke Cabor Lain

Pada 2016, Dheva mendapat panggilan untuk membela Jawa Barat di ajang PEPARNAS 2016. Medali emas yang diraihnya kala itu menjadi satu acuan semangat untuk kembali berprestasi. Sejak itu, kariernya pun terus berlanjut dengan menjadi salah satu wakil Indonesia di ajang ASEAN Para Games 2017.

Hingga akhirnya, anak pertama dari empat bersaudara itu menjadi salah satu pahlawan Indonesia di ajang Asian Para Games 2018. Kemenangannya di partai penentuan nomor beregu putra memastikan Indonesia meraih emas pertama pada event olahraga tersebut.

Tim beregu putra bulu tangkis Indonesia di Asian Para Games 2018

(Foto: Okezone/Admiraldy Eka Saputra)

Meski mengaku sempat tegang, Dheva percaya kesempatan ini harus ia maksimalkan agar bisa mengharumkan nama Bangsa Indonesia. Berbekal semangat dari tim ofisial dan seluruh pendukung yang hadir di Istora Senayan saat itu, Dheva pun berhasil menyudahi perlawanan wakil Malaysia.

"Tegang memang ada sih, tapi saya enggak mau pikir apa-apa. Saya coba untuk bisa terus dapat poin. Apalagi di set kedua juga kan lawan sempat ngejar sampai lima poin berturut-turut. Tapi, dari ofisial juga terus berusaha kasih masukan biar saya balik lagi main dengan tenang. Dan Alhamdulillah, bisa menang lagi di set kedua," tutupnya.

(dji)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini