nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidak Merata, Vettel Kritik Aspal Baru Sirkuit Sochi

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 30 September 2018 14:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 30 37 1957643 tidak-merata-vettel-kritik-aspal-baru-sirkuit-sochi-yVqY69LsNk.JPG Sirkuit Autodrom Sochi (Foto: Maxim Shemetov/Reuters)

SOCHI – Permukaan aspal Sirkuit Autodrom Sochi, Rusia, diaspal ulang oleh pengelola. Namun, hanya pada posisi start untuk tiga balapan terdepan saja. Pengaspalan yang tidak merata itu dikritik oleh pembalap Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel.

Sebagaimana diketahui, tiga posisi start terdepan akan diisi oleh Valtteri Bottas, Lewis Hamilton, dan Sebastian Vettel sesuai hasil kualifikasi Formula One (F1) GP Rusia 2018. Ketiganya sudah pasti akan merasakan aspal baru tersebut terlebih dahulu.

(Baca juga: Vettel Kaget Lihat Hasil Kualifikasi F1 GP Rusia 2018)

Sirkuit Autodrom Sochi

(Starting grid Sirkuit Autodrom Sochi. Foto: Maxim Shemetov/Reuters)

Vettel yakin apabila bagian dari starting grid tempat pembalap memulai balapan memang harus diaspal ulang, sebaiknya dilakukan di satu ruas tersebut, tidak hanya di tiga bagian terdepan saja. Ia mengaku tidak tahu apakah aspal baru itu akan menguntungkan tiga pembalap di depan atau bahkan tidak sama sekali.

“Saya rasa daya cengkeram aspal seharusnya meningkat. Tetapi sangat keliru kalau hanya mengaspal ulang sedikit saja, entah itu hanya di posisi 1-3 atau 4-6 saja,” ujar Sebastian Vettel, dilansir dari Race Fans, Minggu (30/9/2018).

“Kalau Anda ingin mengaspal ulang di grid, seharusnya semua bagian. Tetapi semua sudah terjadi,” imbuh pembalap berusia 31 tahun itu.

Pembalap Scuderia Ferrari Sebastian Vettel

(Foto: Maxim Shemetov/Reuters)

Vettel tentu berharap aspal baru itu membantunya mendapatkan grip yang bagus sehingga bisa langsung melesat sejak start. Sebab, orang Jerman itu punya misi menipiskan jarak dengan Lewis Hamilton di klasemen sementara pembalap F1 2018 demi gelar juara kelima kali.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini