nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dorna Senang Perubahan Regulasi MotoGP Tuai Hasil Positif

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 16 September 2018 08:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 16 38 1951066 dorna-senang-perubahan-regulasi-motogp-tuai-hasil-positif-CEbb9rLYkw.JPG Pembalap Repsol Honda Marc Marquez (Foto: Fabrizio Bensch/Reuters)

MADRID – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, boleh-boleh saja melenggang di puncak klasemen pembalap MotoGP 2018 dengan raihan 221 poin. Orang Spanyol itu unggul 67 angka dari runner-up sementara Andrea Dovizioso.

Meski begitu, sepanjang musim balap MotoGP 2018 sudah terdapat empat orang pemenang. Selain Marquez yang sudah lima kali menang, ada nama Cal Crutchlow, Andrea Dovizioso, dan Jorge Lorenzo, yang juga pernah berjaya di podium puncak.

(Baca juga: Dovizioso Sudah Tidak Berhasrat Juarai MotoGP 2018)

Andrea Dovizioso

Promotor MotoGP, Dorna, mengaku senang dengan adanya pertarungan di setiap balapan untuk menjadi pemenang. Menurutnya, hal tersebut terjadi berkat adanya perubahan regulasi yang diterapkan mulai 2016.

“Ketika kami mengubah regulasi, kami tidak berharap hasilnya akan positif seperti ini. Situasi ekonomi sedang sulit sehingga kami butuh lebih banyak pemasukan. Kami ingin membuat lebih banyak kesempatan yang setara dan sekarang sudah terpenuhi,” ucap CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, dinukil dari Speedweek, Minggu (16/9/2018).

Cal Crutchlow

“Saya menikmati balapan-balapan lebih dari sebelumnya. Saya lebih menikmati musim baru dibandingkan edisi sebelumnya. Kami akan terus memperbaiki segalanya hingga 2021,” janji pria asal Spanyol itu.

Salah satu perubahan positif yang banyak diapresiasi adalah penyeragaman alat kontrol elektronik (ECU). Dengan perangkat yang seragam, setiap tim tidak lagi bisa mengembangkan perangkat lunak masing-masing dan mau tidak mau tunduk dengan regulasi tersebut.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini