nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Vinales Tak Peduli dengan Konfigurasi Mesin Honda dan Ducati

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 12 September 2018 20:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 12 38 1949446 vinales-tak-peduli-dengan-konfigurasi-mesin-honda-dan-ducati-lm9FbOQXLR.jpg Pembalap Movistar Yamaha Maverick Vinales (Foto: Twitter)

MISANO – Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, yakin kalau dua pabrikan rivalnya, Honda dan Ducati, meniru langkah tim garpu tala dalam membangun mesin. Sebab, kedua pabrikan itu kini dapat melajukan motor dengan mulus di tikungan layaknya YZR M-1 andalan Yamaha.

Menurut Rossi, motor milik Honda dan Ducati dahulu sangat berisik dan sangat agresif di tikungan. Akan tetapi, perubahan konfigurasi mesin dalam dua tahun terakhir membawa perubahan positif, sementara Yamaha seperti jalan di tempat.

Pendapat berbeda disampaikan rekan setim Valentino, Maverick Vinales. Menurut pembalap berjuluk Top Gun itu, dirinya tidak pantas untuk mengomentari adanya perbedaan konfigurasi mesin di antara tim-tim pabrikan karena bukan seorang teknisi.

Maverick Vinales

(Baca juga: Rossi: Konfigurasi Mesin Honda dan Ducati Tiru Yamaha)

“Saya bukan teknisi, saya tidak tahu (apakah Yamaha butuh mengganti mesin ke konfigurasi V),” ujar Vinales, dilansir dari Crash, Rabu (12/9/2018).

“Saya hanya tahu kapan motor punya daya cengkeram sehingga bisa dikendarai dengan baik. Tetapi ketika kehilangan daya cengkeram dan perangkat elektronik tidak membantu, sangat sulit untuk tampil cepat dan presisi,” imbuh pembalap berusia 23 tahun itu.

Honda, Ducati, dan Yamaha

Yamaha dan Suzuki saat ini adalah dua pabrikan yang masih bertahan dengan mesin empat silinder Inline. Sementara Honda, Ducati, KTM, dan Aprilia, memilih menggunakan konfigurasi mesin empat silinder V.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini