PDIP: Sukses di Asian Games, Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade dan Piala Dunia

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 05 September 2018 14:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 05 601 1946363 pdip-sukses-di-asian-games-indonesia-siap-jadi-tuan-rumah-olimpiade-dan-piala-dunia-MqVZwsE2zR.jpg Asian Games 2018. (Foto: INASGOC)

JAKARTA – Perhelatan Asian Games 2018 telah selesai digelar. Suksesnya gelaran Asian Games 2018 membuat Indonesia banjir pujian. Tak hanya prestasi para atlet yang membawa Indonesia masuk empat besar, kualitas venue, dan suksesnya penyelenggaraan, ajang multi-event ini juga membawa Indonesia berada di level baru yang lebih tinggi di dunia.

“Kita sedang memasuki level baru yang lebih tinggi di dunia, sebagai bangsa besar yang maju, yang bisa menjadi inspirasi bagi dunia. Ini patut disyukuri. Kita telah menunjukkan bahwa kita sejajar bahkan bisa lebih baik dari raksasa olahraga seperti China, Jepang, atau Korea,” kata anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP), Dr Evita Nursanty, MSc, di Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Parade Kontingen Indonesia pada Pembukaan Asian Games 2018

Menurut Evita, banyak hal bersejarah yang sulit untuk dilupakan dalam gelaran Asian Games 2018 ini. Misalnya, soal bergabungnya Korea Selatan dan Korea Utara dalam defile pembukaan, banyaknya jumlah peserta yang hadir, banyak atensi dari media massa internasional, bersatunya Hamas dan Fatah dalam kontingen Palestina, banyaknya penciptaan rekor baru, dan hal-hal lainnya.

“Asian Games bukan sekadar olahraga, tapi pembuktian bahwa Indonesia bisa melakukan hal-hal besar yang mendunia. Kita bukan bangsa yang minder atau tidak mampu. Ketika kita bersatu, kita bisa. Jadi, kita dukung penuh setelah Asian Games ini untuk ikut bidding Olimpiade dan Piala Dunia. Itu menjadi bukti kita sangat diperhitungkan di dunia. Dengan itu, atlet kita akan terdorong untuk melompat dengan prestasi gemilang dan bangsa kita sangat siap untuk menyelenggarakan event sebesar apa pun seperti Olimpiade,” ucap anggota Komisi I DPR RI tersebut.

BACA JUGA: Banjir Pujian Media Asing untuk Pelaksanaan Asian Games 2018

Evita sendiri mengaku sangat salut dengan masyarakat Indonesia yang menunjukkan antusias besar dan memberi dukungan penuh sebagai tuan rumah yang baik. Setiap hari, venue-venue Asian Games 2018 pun dipenuhi masyarakat yang memberikan dukungan kepada para atlet. Hal itu menandakan masyarakat Indonesia sangat menghargai prestasi para atletnya.

“Itulah kekuatan multi-event seperti Asian Games, Olimpiade, atau Piala Dunia, masyarakat bangga menjadi bagian dari event itu, dan bangga menjadi bagian dari Indonesia. Terima kasih kepada Presiden Jokowi dan jajarannya yang bekerja sangat brilian dalam mempersiapkan event ini,” sambungnya.

Asian Games 2018. Foto: INASGOC

Di sisi lain, masyarakat juga bisa belajar mengenai sportivitas dan semangat untuk berprestasi dari para atlet.

“Kita sangat salut dengan para atlet yang meskipun kalah, namun tetap menaruh hormat kepada lawan dan negara lain,” tutur Evita.

Secara khusus, Evita menyebut Indonesia patut mengucapkan terima kasih kepada aparat TNI, Polri, dan aparat keamanan lain yang melakukan pengamanan selama event ini berlangsung di Jakarta maupun Palembang. Mereka bekerja keras setiap hari sehingga semua atlet, ofisial, dan penonton tetap aman dan nyaman.

“Dalam hal ini kita angkat topi untuk Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, dan seluruh jajarannya. Mereka patut diberikan penghargaan khusus,” tukas Evita.

(dji)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
PEROLEHAN MEDALI
NEGARA Total
1
China 132 92 65 289
2
Japan 75 56 74 205
3
Korea Selatan 49 58 70 177
4
Indonesia 31 24 43 98
5
Uzbekistan 21 24 25 70