5 Momen Menarik yang Libatkan Atlet Indonesia di Asian Games 2018

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 03 September 2018 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 03 601 1945040 5-momen-menarik-yang-libatkan-atlet-indonesia-di-asian-games-2018-E5bfVEtoj1.JPG Maskot Asian Games 2018 Bhin Bhin, Atung, Kaka (Foto: INASGOC)

PERHELATAN akbar olahraga se-Asia, Asian Games, baru saja berakhir. Kenangan manis dan pahit bercampur jadi satu setelah Indonesia sebagai tuan rumah menggelar upacara penutupan, Minggu 2 September 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Asian Games 2018 benar-benar bisa dibanggakan oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari opening ceremony yang jadi perbincangan di dunia maya, pemecahan rekor jumlah medali yang diraih kontingen Indonesia, hingga momen-momen ikonik yang bakal melekat lama di ingatan.

(Baca juga: Upacara Penutupan Selesai, Sampai Jumpa di Asian Games Huangzhou 2022)

Panggung Closing Ceremony Asian Games 2018

(Panggung Closing Ceremony Asian Games 2018. Foto: Bagas Abdiel/Okezone)

Momen-momen menarik tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuk diingat dan diceritakan kepada generasi berikutnya. Ada aksi atlet bulu tangkis Jonatan Christie yang senang berselebrasi membuka baju hingga orang terkaya di Indonesia yang mendapat medali perunggu di Asian Games 2018.

Berikut 5 momen menarik yang melibatkan atlet Indonesia di Asian Games 2018.

Jonatan Christie Buka Baju

Wajah tampan, tubuh atletis, dan kepribadian yang menarik. Jonatan Christie memang bagai paket lengkap yang bisa membuat wanita mana saja kepincut. Apalagi, lelaki asal Jakarta itu mendapat satu medali emas di nomor tunggal putra dan satu medali perak di nomor beregu putra.

Selebrasi buka baju Jonatan Christie

(Selebrasi buka baju Jonatan Christie. Foto: INASGOC)

Selain prestasi tersebut, yang menjadi perbincangan adalah kebiasaan pria berusia 20 tahun itu untuk membuka baju saat selebrasi kemenangan. Walau menuai pro-kontra, terutama soal sexual harassment, Jojo, sapaan akrabnya, justru santai saja karena menurutnya hal itu bisa membuat orang lain senang.

Orang Paling Kaya Se-Indonesia Raih Medali

Status sebagai orang paling tajir di Indonesia nyatanya tidak membuat Michael Bambang Hartono gengsi untuk membela negara di Asian Games 2018. Pria berusia 78 tahun itu merupakan atlet cabang olahraga (cabor) bridge yang turun dalam nomor supermixed team bersama Bert Toar Polii.

Menpora Imam Nahrawi bersama Michael Bambang Hartono

(Menpora Imam Nahrawi bersama Michael Bambang Hartono. Foto: INASGOC)

Menariknya, Bambang Hartono mampu melaju ke babak semifinal hingga meraih medali perunggu. Pemerintah Indonesia menyediakan bonus Rp150 juta bagi atlet yang meraih perunggu, tetapi uang tersebut sepertinya tidak ada apa-apa dengan jumlah kekayaan pemilik perusahaan rokok sekaligus bank swasta itu.

Jojo Mengepel Lapangan

Selain wajah tampan dan prestasi ciamik, Jonatan Christie juga mencuri perhatian berkat aksinya mengepel lantai kala berhadapan dengan atlet Jepang, Kenta Nishimoto, di babak semifinal bulu tangkis tunggal putra Asian Games 2018. Pasalnya, aksi itu dilakukan secara spontan.

Jonatan Christie

(Aksi mengepel lantai ala Jonatan Christie. Foto: INASGOC)

Pertandingan berjalan sengit hingga set ketiga setelah keduanya saling mengalahkan. Saat kedudukan 19-19 di set ketiga, Jojo secara spontan mengelap arena pertandingan di Istora Senayan dengan menggunakan handuknya. Sontak momen tersebut menjadi perbincangan masyarakat.

Hanifan Buat Jokowi-Prabowo Berpelukan

Nama pesilat Hanifan Yudani Kusumah tidak hanya mencuri perhatian karena raihan medali emasnya. Akan tetapi, aksi atlet asal Bandung itu untuk memeluk Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto saat selebrasi kemenangan, menyiratkan pesan tersendiri.

Presiden Jokowi memeluk Prabowo dan atlet pencak silat Hanifan Yudani Kusumah

(Presiden Jokowi memeluk Prabowo dan atlet pencak silat Hanifan Yudani Kusumah. Foto: INASGOC)

Kedua tokoh nasional itu akan bersaing dalam ajang pemilihan presiden pada periode 2019-2024. Tensi semakin memanas mengingat pendukung keduanya saling caci maki di media sosial. Namun, aksi Hanifan tersebut seakan memberi pesan kalau kita semua adalah satu, Indonesia.

Perjuangan Tak Kenal Lelah Ginting

Bagi atlet, cedera saat pertandingan adalah momok yang lebih menakutkan daripada kekalahan. Hal itu sudah pasti dipahami benar oleh pebulu tangkis Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. Perjuangannya menahan kram di kaki kiri saat final bulu tangkis nomor beregu putra membuat banyak orang, termasuk Presiden Jokowi, menaruh hormat setinggi-tingginya.

Anthony Ginting

(Anthony Ginting harus ditandu keluar lapangan. Foto: INASGOC)

Atlet asal Cimahi itu boleh saja kalah dari pebulu tangkis China, Shi Yuqi. Tetapi, Anthony Sinisuka Ginting memenangkan hati banyak orang dengan kegigihannya berjuang hingga akhir walau harus ditandu keluar lapangan.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

PEROLEHAN MEDALI
NEGARA Total
1
China 132 92 65 289
2
Japan 75 56 74 205
3
Korea Selatan 49 58 70 177
4
Indonesia 31 24 43 98
5
Uzbekistan 21 24 25 70