nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Standardisasi Elemen Mesin F1 Penting untuk Cegah Kecurangan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 19 Agustus 2018 02:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 18 37 1938393 standarisasi-elemen-mesin-f1-penting-untuk-cegah-kecurangan-lRVbwmAwfi.jpg Renault Sport dan Scuderia Ferrari (Foto: Autosport)

VIRY-CHATILLON – Bos Renault Formula One (F1), Cyril Abiteboul, menyarankan agar balap jet darat itu segera melakukan standarisasi beberapa elemen pada mesin. Dengan penyamaan elemen tersebut, maka dugaan kecurangan seperti yang dilakukan Ferrari tidak akan mengemuka.

Musim balap F1 2018 sempat diwarnai beberapa spekulasi mengenai sistem mesin hybrid Ferrari. Federasi Balap Mobil Internasional (FIA) mengesahkan inovasi Si Kuda Jingkrak, tetapi beberapa pemasok mesin seperti Renault masih tetap curiga.

Karena itu, Abiteboul yakin amat mungkin dilakukan standarisasi agar FIA bisa lebih tegas dalam menerapkan regulasi. Dengan begitu, para pemasok mesin dan tim-tim pabrikan bisa lebih percaya diri dalam berkompetisi mencari yang tercepat di muka bumi.

Cyril Abiteboul

(Baca juga: Pindah ke McLaren, Bos Renault Puji Kontribusi Sainz Jr)

“Saya tidak mau memulai perdebatan di sini, tetapi kita butuh berpikir bagaimana caranya membantu FIA dalam kaitannya untuk menegakkan regulasi,” ujar Cyril Abiteboul, dinukil dari Crash, Minggu (19/8/2018).

“Saya sungguh yakin bahwa standarisasi beberapa elemen tidak hanya berguna, tetapi juga dibutuhkan kalau ingin memberikan rasa percaya diri kepada semua partisipan. Kalau ada kecurangan, kita pasti tahu bagaimana cara melakukannya,” imbuh pria asal Prancis itu.

Scuderia Ferrari

Meski begitu, pria berusia 40 tahun itu tidak secara langsung menuduh adanya praktik kecurangan yang dilakukan tim tertentu pada musim balap F1 2018. Namun, menurut Cyril, sekarang adalah waktu yang tepat agar FIA bisa menegakkan peraturan dengan baik.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini