Kesempatan Selfie Bareng Api Asian Games 2018 di Gedung Sate

Oris Riswan, Jurnalis · Sabtu 11 Agustus 2018 14:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 11 601 1935107 kesempatan-selfie-bareng-api-asian-games-2018-di-gedung-sate-TWvXwewM5z.jpg Api Asian Game sudah nampang di halaman gedung sate Bandung. (Foto: Oris Riswan/Okezone)

BANDUNG - Api Asian Games 2018 menyala di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, terhitung mulai Sabtu (11/8/2018) siang ini. Api itu menyala melalui kalderon mini yang sebelumnya dinyalakan oleh obor Asian Games.

Penjabat Gubernur Jawa Barat Komjen Pol M Iriawan mengatakan sebenarnya pihaknya ingin api tersebut bisa lebih lama berada di Gedung Sate. Tapi, sesuai jadwal, api tersebut harus melanjutkan perjalanan ke titik berikutnya.

Sesuai jadwal, api itu akan dibawa menuju Garut dan daerah lainnya. Sehingga, hanya ada sedikit waktu bagi mereka yang ingin menyaksikan api it secara langsung.

Kirab Obor

Iriawan pun memberikan keleluasaan bagi warga yang ingin selfie atau berswafoto bersama api Asian Games. Mereka akan diberikan waktu dari siang ini hingga besok pagi.

Karena waktu yang terbatas, warga yang ingin berfoto diharapkan memanfaatkan kesempatan dengan baik. Jika api sudah dibawa, maka kesempatan langka untuk berfoto pun akan hilang.

"Silakan bagi masyarakat yang ingin berfoto dengan api Asian Games. Karena ini momentum bersejarah bagi Jawa Barat dan Indonesia," kata Iriawan.

Api Asian Games sendiri sudah lama tidak pernah mengunjungi Indonesia. Terakhir kali api itu singgah di Indonesia adalah 56 tahun lalu atau pada 1962 saat Indonesia menjadi tuan rumah.

Iriawan sendiri mengaku bangga bisa jadi saksi sejarah dari perhelatan Asian Games di Indonesia. Apalagi, ia menjadi salah satu pembawa obor.

BACA JUGA: Gedung Sate & Meriahnya Sambutan Obor Asian Games 2018 di Bandung

"Ini sejarah buat saya. Karena kapan lagi ketemu api Asian Games. Dulu terakhir tahun 1962. Tentu ini suatu kebanggaan buat saya bisa membawa lari api Asian Games," tuturnya.

Sementara selama pelaksanaan Asian Games, Iriawan berencana memantau langsung pertandingan. Di Jawa Barat sendiri ada lima cabang olahraga yang dipertandingkan.

"Pasti kami akan menyaksikan langsung beberapa cabor," ucap Iriawan.

Di tempat yang sama, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto menyatakan pihaknya siap mengamankan jalannya Asian Games di Jawa Barat. Berbagai skema pengamanan sudah disusun agar pertandingan di lima cabor yang ada tidak mengalami kendala.

Kirab Obor

Tidak hanya itu, pihaknya juga menjamin keamanan dari seluruh kontingen berbagai negara. Ia ingin memberikan rasa aman dan nyaman bagi mereka. Pengamanan sendiri akan bekerja sama dengan Kodam III/Siliwangi.

"Polda Jawa Barat dengan Kodam dan seluruh instansi terkait siap mengamankan Asian Games," ungkapnya.

"Sejauh ini (pengamanan) sudah siap semua. Sudah kita cek seluruh venue," ujar Agung yang juga menjadi salah seorang pembawa obor Asian Games di Bandung.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
PEROLEHAN MEDALI
NEGARA Total
1
China 132 92 65 289
2
Japan 75 56 74 205
3
Korea Selatan 49 58 70 177
4
Indonesia 31 24 43 98
5
Uzbekistan 21 24 25 70