nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rossi Tuntut Yamaha Temukan Solusi dari Perangkat Elektronik pada YZR-M1

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 09 Agustus 2018 04:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 08 38 1933785 rossi-tuntut-yamaha-temukan-solusi-dari-perangkat-elektronik-pada-yzr-m1-ohJqD2cwrN.jpg Valentino Rossi (Foto: Laman Resmi MotoGP)

LESMO – Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, meminta segenap anggota timnya untuk menemukan solusi dari masalah perangkat elektronik di YZR-M1. Tuntutan dari Rossi itu bertujuan agar dirinya dapat menunjukkan performa yang lebih baik di setiap balapannya.

Sebagaimana diketahui, Rossi dan Yamaha memang bermasalah dengan perangkat elektronik sejak elemen itu digunakan pada MotoGP 2016. Sejak saat itu, Rossi sudah sering merengek ke Yamaha untuk segera menemukan pengaturan yang pas untuk dirinya dan YZR-M1.

Akan tetapi, hingga saat ini permintaan Rossi belum juga dipenuhi Yamaha. Hal itu tentu berdampak kepada penampilan pembalap asal Italia itu di lintasan yang tampak kalah bersaing dengan pembalap tim pabrikan lainnya.

Valentino Rossi (Foto: Laman Resmi MotoGP)

Torehan negatif itu terlihat dari rekor buruk yang dibuat Yamaha di mana dua pembalapnya yakni Rossi dan Maverick Vinales tidak mampu menjadi yang tercepat dalam kurun waktu setahun lebih. Terakhir kali pembalap Yamaha memenangkan balapan ialah saat Rossi menjadi yang tercepat di MotoGP Belanda 2017.

BACA JUGA: Jadi Wakil Tunggal KTM, Smith Pastikan Tampil Optimal di MotoGP Austria 2018

Rossi bahkan mengakui bahwa Yamaha saat ini telah tertinggal dari pesaingnya yakni Ducati Corse dan Repsol Honda. Kedua tim itu dinilai Rossi telah dapat menemukan pengaturan yang pas untuk perangkat elektronik yang dipasangkan pada motor masing-masing.

Valentino Rossi (Foto: Laman Resmi Yamaha)

“Yamaha membuat kesalahan dengan pendekatannya terhadap perangkat elektronik. Itu (perangkat elektronik) dirancang untuk mengurangi kesenjangan antara motor yang bekerja dan satelit yang memberikan data ke operator di garasi, yang akan membuat balapan lebih kompetitif. Yamaha percaya itu,” ungkap Rossi, seperti yang diwartakan Autosport, Kamis (9/8/2018).

“Namun, tim pabrikan lain menemukan cara untuk membuatnya (perangkat elektronik) berfungsi lebih baik dengan pengaturan yang tepat. Honda dan Ducati memiliki pendekatan yang lebih agresif, sementara Yamaha lebih tenang dan kami harus mencoba serta memaksa mereka (Yamaha),” tutup pembalap asal Italia itu.

(ADP)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini