nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Superbike Tolak Ikuti Jejak MotoGP

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 02 Agustus 2018 15:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 02 38 1930849 superbike-tolak-ikuti-jejak-motogp-DX8lr9cxEC.jpg Ajang balap motor World Superbike (WSBK) tidak akan ikuti jejak MotoGP (Foto: Twitter)

MADRID – Ajang balap motor Superbike (WSBK) dipastikan tidak akan mengadopsi sistem kontrol elektronik (ECU) seperti yang dipakai pada MotoGP untuk musim 2019. Kepastian tersebut disampaikan oleh Direktur Teknis WSBK, Scott Smart.

WSBK mengadopsi sejumlah perubahan teknis untuk musim 2018 guna mencegah dominasi Kawasaki yang terjadi dalam tiga tahun terakhir. Hal tersebut dilakukan untuk semakin mendekatkan para pesaing dengan kemampuan balap motor-motor produksi pabrikan Jepang tersebut.

Wacana untuk mengadopsi ECU seragam seperti yang dipakai di MotoGP sempat mengemuka. Seperti diketahui, ajang balap motor paling bergengsi di dunia itu sangat kompetitif di mana tidak ada tim yang mampu mendominasi satu balapan sehingga sering terjadi aksi saling susul.

Pembalap MotoGP

(Baca juga: Rea: Pembalap Superbike Tak Kalah Berkualitas ketimbang MotoGP!)

Akibatnya, tim-tim papan tengah MotoGP pun berpeluang untuk meraup poin yang cukup besar, termasuk naik ke podium. Namun, Scott Smart justru menilai penyeragaman ECU akan berdampak buruk pada tim-tim papan tengah di WSBK.

“Beberapa tim kecil harus mempelajari bagaimana menggunakan perangkat lunak yang benar-benar baru. Akan ada dampak negatif bagi tim-tim kecil karena tim-tim besar sudah memahami bagaimana cara perangkat itu bekerja. Jaraknya malah akan semakin jauh,” tukas Scott Smart, melansir dari Motortsport, Kamis (2/8/2018).

Pembalap Superbike Jonathan Rea

Ia menambahkan, di masa depan akan lebih banyak lagi sepeda motor produksi massal dengan komponen elektronik tambahan. Dengan demikian, solusi perangkat elektronik harus lebih komprehensif jika ingin mengontrol daya mesin. Sebagaimana diketahui, tim-tim WSBK menggunakan motor yang dilepas ke pasaran, bukan prototipe seperti halnya MotoGP.

Smart yakin sejauh ini belum ada perangkat elektronik standar yang mampu memenuhi kriteria yang dibutuhkan WSBK. Kendati demikian, ia tidak menutup kemungkinan adanya penggunaan ECU seragam seperti halnya di MotoGP, karena keputusan tersebut akan dievaluasi dalam dua tahun mendatang.

(fmh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini