9 Poin yang Ditekankan Menpora Usai Lalu Muhammad Zohri Jadi Juara Dunia

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Jum'at 13 Juli 2018 18:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 13 43 1922042 9-poin-yang-ditekankan-menpora-usai-lalu-muhammad-zohri-jadi-juara-dunia-IqknoAs1SS.jpg Pelari Indonesia, Lalu Muhammad Zohri dan dua pelari Amerika Serikat. (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Pelari asal Nusa Tenggara Barat, Lalu Muhammad Zohri, berhasil mengharumkan nama bangsa Indonesia lantaran mampu meraih medali emas di Kejuaraan Atletik Dunia U-20 yang berlangsung di Tampere, Finlandia, Rabu 11 Juli 2018. Berkat prestasinya tersebut, Zohri pun langsung menjadi pusat perhatian Indonesia dan manca negara.

Zohri sendiri menjadi yang tercepat di nomor 100 meter putra dengan mencatatkan waktu 10,18 detik. Catatan waktu tersebut lebih cepat 0,04 detik dari dua pelari unggulan asal Amerika Serikat, Anthony Schwart dan Eric Harrison.

Baca juga: Ini Alasan Telatnya Tim Official Indonesia Berikan Bendera kepada Zohri Usai Juara

Kini, Zohri pun menjadi viral di Indonesia. Bahkan, orang nomor satu di Indonesia, yakni Presiden Joko Widodo, mengaku sangat bangga dengan prestasi yang ditorehkan oleh pelari berusia 18 tahun itu. Tak hanya presiden saja, namun Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) juga sangat bangga dengan Zohri.

Bahkan, Menpora telah menyiapkan berbagai hal untuk menyambut Zohri serta mengapresiasi kinerja pelati Indonesia tersebut. Setidaknya, ada sembilan poin penting yang disampaikan Menpora dalam keterangan persnya untuk Zohri.

Berikut 9 poin penting yang disampaikan Menpora:

1. Kami seluruh bangsa Indonesia tentu sangat bersyukur, bangga dan sangat bergembira atas prestasi yang baru saja diraih atlet atletik Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, yang telah menjadi juara dalam nomer 100 meter putra pada Kejuaraan Dunia Atletik U-20 2018 di Tampere, Finlandia.

2. Mengutip komentator media asing saat itu bahwa Indonesia tidak memiliki sejarah tradisi juara di nomer atletik yang sangat bergengsi tersebut, namun hari itu sejarah kini telah mencatat kehebatan pelari tercepat junior dunia yang datang dari Indonesia. Sehingga wajar jika yang terkejut bukan hanya kita, karena dunia internasional pun sangat terkejut. Seakan-akan perhatian Piala Dunia teralihkan sejenak dengan kehebatan Zohri.

3. Perlu dijelaskan, bahwa Lalu Muhammad Zohri adalah siswa kelas III PPLP (Pemusatan Pendidikan dan Latihan Pelajar) binaan Kemenpora yang ada di NTB. Dia merintis dari bawah dan dibina langsung oleh para pelatih PPLP. Karena prestasinya pula, dia termasuk atlet unggulan yang dipanggil PB PASI untuk dipersiapkan pada Asian Games 2018.

4. Saya (Menpora, Imam Nahrawi) sudah berkomitmen untuk memimpin langsung pada saat nanti penyambutan Zohri di Bandara Soekarno Hatta pada hari Selasa malam tanggal 17 Juli 2018 sekitar jam 22.30 WIB. Dan untuk itu saya sudah memerintahkan staf saya untuk melakukan koordinasi dengan pihak KBRI di Finlandia, PB PASI, Angkasa Pura II, Kepolisian RI, dan Dispora NTB, dengan tujuan agar seluruh rangkaian penyambutan tersebut dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

5. Dalam penyambutan nanti, saya berharap akan hadir pula perwakilan keluarga Zohri, pimpinan Komisi X DPR RI, pimpinan PASI dan berbagai pihak yang akan memberikan apresiasi pada Zohri. Dari Kemenpora tentu saja akan saya berikan apresiasi bonus yang cukup besar jumlahnya, dan itu dimaksudkan sebagai wujud konkret perhatian pemerintah pada atlet-atlet berprestasi selevel Zohri dan yang lain. Dan saya dengar ada sejumlah pihak yang ingin memberikan apresiasi tersendiri pada Zohri.

6. Namun demikian, prestasi yang diperoleh Zohri ini tentu harus dipertahankan dan syukur ditingkatkan. Apapun bentuk apresiasi Zohri pada Asian Games dan spirit bagi atlet lain tidak boleh membuat Zohri menjadi jumawa, sombong dan tinggi hati.

7. Saya tidak hanya mengucapkan terima kasih pada PB PASI dan Kadispora NTB saja, tetapi yang tidak kalah pentingnya adalah Bu Dubes RI, Wiwiek Setyawatui Firman, di Finlandia yang telah membantu Tim Indonesia sejak kedatangan hingga saat ini. Jajaran kami terus saya perintahkan untuk terus berkomunikasi dengan pihak KBRI dan Kemlu..

8. Nanti saya juga akan telefon langsung dengan Lalu Moh Zohri, pahlawan olahraga kita, langsung ke Finlandia. Semoga Zohri memberi dapat semangat pada atlet-atlet kita yang akan berlaga di Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018.

9. Mengingat Bapak Presiden sudah memberikan komentar perhatian dan pujian pada Zohri, maka saya berencana untuk mendampingi Zohri, pelatih dan Tim Indonesia lainnya untuk diperkenankan dapat diterima Bapak Presiden esok harinya. Untuk ini, koordinasi sedang dilakukan. Bapak Presiden Joko Widodo sangat bangga pada Zohri. Kami kita dan seluruh bangsa Indonesia cinta kamu Zohri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini