Tujuan Diadakannya Kejurda Tarung Derajat Usia Dini Se-Jawa Barat

Dwi Ayu Artantiani , Jurnalis · Jum'at 13 Juli 2018 16:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 13 43 1921964 tujuan-diadakannya-kejurda-tarung-derajat-usia-dini-se-jawa-barat-ELrkHEoPfn.jpg Peserta siap tampil di Kejurda Tarung Darat se-Jawa Barat. (Foto: Dwi Ayu/Okezone)

CIREBON - Kejuaraan Tarung Derajat yang diikuti 287 atlet petarung dan seni gerak Tarung Derajat dari 27 Kota/ Kabupaten se-Jawa Barat di Gor Bima, Kota Cirebon, Jawa Barat, merupakan ajang pencarian bibit unggul. Ketua Dewan Pelatih Kota Cirebon Tarung Derajat, Ophie Wijaya, menuturkan kejuaraan ini merupakan pertama kali dilakukan. Dalam kegiatan ini para atlet akan memperebutkan medali kejuaraan.

"Ada 29 kelas yang ikut kejuaraan," tuturnya, Jumat (13/7/2018).

Tarung Derajat

(Peserta Kejurda Tarung Derajat usia dini Se-Jawa Barat. Foto: Dwi Ayu/Okezone)

Ketua Panitia Kejuaraan, Jafarudin, menerangkan para peserta merupakan atlet dari Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Indramayu, Kuningan dan kota lainnya. Kegiatan ini juga berjalan atas kerja sama para Pemkab/ Kota setempat. Setiap Kota/ Kabupaten mengirimkan sekira 30-40 atlet tingkat usia dini dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

BACA JUGA: 287 Atlet Se-Jawa Barat Meriahkan Milad Tarung Derajat Ke-46

"Kejuaraan ini merupakan ajang mencari petarung-petarung baru yang nantinya bisa diikutsertakan ke Porda. Dengan adanya kejuaraan ini, diharapkan mempunyai bibit-bibit yang berkualitas, menjadi petarung- petarung yang hebat dan kuat," terangnya.

Tarung Derajat

(Salah satu peserta Kejurda Tarung Derajat Se-Jawa Barat. Foto: Dwi Ayu/Okezone)

Ia menambahkan, kegiatan ini bertujuan memaknai kelahiran Tarung Derajat, mengenalkan Tarung Derajat di kalangan usia dini dan pelajar khususnya di Jawa Barat umumnya di nasional, dan meningkatkan daya tarik dan eksistensi Tarung Derajat di kalangan sekolah-sekolah formal.

Selain itu, Ophie juga berharap kegiatan tersebut juga bisa membawa Tarung Derajat masuk dalam pembinaan olahraga pelajar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Barat.

"Kegiatan ini diharapkan dapat membuat Tarung Derajat masuk dalam pembinaan pelajar Dispora Jabar yang diakui keberadaannya di PPLP (Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar) dan PPLPD (Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah) Kota dan Kabupaten se-Jawa Barat," ujarnya.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini