nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Timnas Perdana Basket Kursi Roda Indonesia Ditaklukkan Thailand 60-9

Hambali, Jurnalis · Selasa 26 Juni 2018 08:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 26 43 1914037 timnas-perdana-basket-kursi-roda-indonesia-ditaklukan-thailand-60-9-Za4i1tbROX.jpg Timnas perdana basket kursi roda Indonesia. (Foto: Hambali/Okezone)

Tangerang Selatan - Tim Nasional (Timnas) perdana basket kursi roda Indonesia ditaklukkan Thailand dengan skor telak 60-9. Laga persahabatan itu digelar untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki event Asian Para Games pada Oktober 2018.

Pertandingan berlangsung di lapangan basket milik Britis School Jakarta, di Bintaro, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Senin 25 Juni 2018 sore WIB. Meski berstatus laga uji coba, namun kedua tim menampilkan permainan dengan tensi tinggi.

Kapten timnas Basket Kursi Roda Indonesia, Donald Santoso mengatakan, pertandingan persahabatan ini dilakukan sebagai pemanasan menghadapi Asian Para Games di Jakarta. Setelah laga persahabatan, selanjutnya akan ada test event Asian Para Games yang dihelat bulan Juli 2018.

Baca juga: INAPGOC Pastikan Indonesia Siap Berlaga di Asian Para Games 2018

(Foto: Hambali/Okezone)

"Kali ini kita sedang preparasi untuk Asian Para Games di Jakarta, kita akan Exhibition melawan Thailand. Setelah itu akan ada test event pada Juli satu dan Juli dua dengan Thailand sama Malaysia," katanya, Selasa (26/6/2018).

Pelatih Timnas perdana basket kursi roda Indonesia, Fajar Brilianto, mengungkapkan soal kekalahan telak anak asuhnya dari Timnas Thailand. Disebutkan dia, tim yang dimilikinya baru terbentuk sekira satu tahun belakangan, dan baru mulai berlatih sejak Januari 2018.

"Jadi kita berproses tiga bulan empat bulan ya seperti ini, Lay-up sudah bisa, nembak sudah bisa. Sebanyak 12 pemain yang sudah terbentuk dilatih dari dasar nol," ujar Fajar.

Pantauan selama pertandingan berlangsung, terlihat jelas kekompakan tim yang tak imbang. Berjersey warna biru, Timnas Thailand yang telah terbentuk sekian lama terlihat memegang penuh kendali permainan. Sedangkan Timnas Indonesia yang berkostum merah, terus menerus menahan gempuran dari tim berjuluk "Gajah Putih".

Permainan berlangsung keras, benturan kursi roda antar pemain kedua tim hampir terlihat setiap saat, bahkan sesekali pemain berbenturan hingga terjatuh. Namun ditengah persaingan itu, semangat sportifitas tetap dijunjung tinggi.

Hal itu ditunjukkan jika ada pemain lawan yang terjatuh dari kursi roda, meski berbeda tim mereka tak ragu saling menolong dengan membantu membangunkan. Pertandingan berakhir dengan skor 60-9 untuk kemenangan Timnas Thailand.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini