Pembelaan Vettel atas Insiden di F1 GP Prancis 2018

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 25 Juni 2018 17:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 25 37 1913792 pembelaan-vettel-atas-insiden-di-f1-gp-prancis-2018-iutomXYMSZ.jpg Sebastian Vettel (Foto: Reuters)

LE CASTELLET – Pembalap Tim Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel, membela diri atas insiden yang menimpa dirinya di Formula One (F1) 2018 seri kedelapan di Sirkuit Paul Ricard, Prancis, Minggu 24 Juni 2018 malam WIB. Pasalnya dalam balapan tersebut ia juga harus membawa korban yakni pembalap Tim Mercedes, Valtteri Bottas.

Akibat tabrakan tersebut, Vettel harus menerima ganjaran penalti selama lima detik. Namun begitu, pembalap berpaspor Jerman itu mendapat kritikan karena tindakannya tersebut cukup membahayakan. Meski begitu, Vettel mengakui kesalahannya namun ia memiliki alasan untuk melakukan itu.

Sebastian Vettel (foto: Reuters)

“Start saya terlalu bagus. Tapi saya terkepung dan tidak bisa ke mana-mana. Insiden ini merupakan kesalahan saya,” ungkap Vettel, mengutip dari Motorsport, Senin (25/6/2018).

Baca juga Hamilton Nilai Penalti Vettel di F1 GP Prancis 2018 Tidak Sesuai

“Saya berusaha mengerem lebih awal untuk keluar dari kepungan tersebut. Tapi saya tidak punya ruang yang cukup dan kemudian saya kehilangan grip. Valtteri berusaha merebut kembali posisi kedua, yang memang haknya,” tambahnya.

Sebastian Vettel (foto: Reuters)

“Tapi akibatnya saya jadi tidak bisa ke mana-mana dan tikungan mengarah ke kiri. Dengan grip rendah saya berusaha menurunkan kecepatan. Tapi saya harus mengurangi radius (setir mobil) dan sayangnya ini berarti saya terpaksa melakukan kontak dengan Valtteri,” lanjutnya.

Bottas yang menjadi korban insiden tersebut tetap melanjutkan balapan dan pada akhirnya harus puas finis di posisi ketujuh. Sedangkan Vettel yang juga melakukan pergantian di pit berhasil finis di posisi kelima. Meski posisinya sempat tercecer di posisi belakang, tetapi ia mampu menyalip para pembalap lainnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini