Jumlah Panpel di Tiap Cabor Asian Games 2018 Dibatasi INASGOC

ant, Jurnalis · Jum'at 01 Juni 2018 17:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 01 43 1905480 jumlah-panpel-di-tiap-cabor-asian-games-2018-dibatasi-inasgoc-4ccsqwioaO.jpg Kondisi terkini Stadion Pakansari, salah satu venue Asian Games 2018. (Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya)

PALEMBANG - Panitia penyelenggara Asian Games Indonesia (INASGOC) membatasi jumlah panitia pelaksana (Panpel) pertandingan di masing-masing cabang olahraga untuk menyesuaikan ketersediaan dana.

Ketua Panitia Daerah Asian Games Muddai Madang di Palembang, Jumat (1/6/2018), mengatakan INASGOC mengeluarkan keputusan ini karena terdapat beberapa cabang olahraga (Cabor) yang mengajukan jumlah panpel melewati batas kewajaran.

"Ada yang mengajukan sampai 250 orang, tentunya ini kebanyakan. Nanti bagaimana membayarnya," kata dia.

Mural Asian Games 2018

(Mural Asian Games 2018. Foto: ANTARA)

Menurut Muddai, kebutuhan setiap cabang olahraga berbeda-beda karena sangat tergantung dengan berapa nomor pertandingannya. Meski demikian tetap harus ada penyesuaian dengan budget yang tersedia.

"Untuk renang, atletik bolehlah banyak. Begitu juga dengan sepakbola yang bisa 250 orang, tapi tetap saja tidak dapat semuanya diakomodasi sebagai panpel karena sebenarnya ada volunteer juga yang bisa dimanfaatkan. Karena itu, meski tidak memberikan batasan secara pasti, setidaknya setiap cabor jumlah panpelnya tidak lebih dari 150-an orang," kata dia.

INASGOC sudah mengarahkan bahwa panpel nantinya merupakan orang-orang yang memiliki fungsi penting dalam penyelenggaraan pertandingan. Jika masih membutuhkankan tambahan maka diharapkan dapat memanfaatkan tenaga volunteer.

Erick Thohir

(Erick Thohir ketua INASGOC. Foto: ANTARA)

"Di Palembang saja ada 2.000 orang volunteer, dan mereka ini yang akan membantu kerja panitia penyelenggara di cabang olahraga," kata Muddai.

Kota Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games XVIII bersama Jakarta, 18 Agustus-2 September 2018 dengan mempertandingkan 13 cabang olahraga. Sejauh ini, pembangunan dan merenovasian venue sudah memasuki tahapan penyelesaian akhir dengan target selesai Juni 2018. Demikian juga dengan infrastruktur penunjang seperti Light Rail Transit (LRT).

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini