nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Fastest Lap di MotoGP Prancis, Nomor 1 Pemenang Musim Lalu

Bagas Abdiel, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 15:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 18 38 1899891 5-fastest-lap-di-motogp-prancis-nomor-1-pemenang-musim-lalu-oSzdu9vLEX.jpg Maverick Vinales (Foto: AFP)

SETIAP pembalap yang tampil di lintasan balap tentu berlomba-lomba untuk menjadi yang tercepat. Meski bisa saja tidak menempati podium pertama, tetapi sebuah kebanggaan tersendiri jika pembalap bisa tampil menjadi yang tercepat.

Setiap pembalap pun memiliki sirkuit andalannya untuk bisa mencetak catatan fastest lap. Lalu bagaimana dengan Sirkuit Le Mans yang merupakan tempat penyelenggaraan MotoGP Prancis. Terlebih sirkuit tersebut memiliki lintasan yang cukup pendek untuk balapan MotoGP.

Terhitung sejak bergulirnya MotoGP pada 2002, sejumlah nama pembalap mengisi papan fastest lap di setiap tahunnya. Namun berikut, ada lima nama pembalap tercepat yang mampu menggeber motornya dengan kecepatan tinggi saat melakoni balapan di MotoGP Prancis.

5. Dani Pedrosa (2011)

Pada MotoGP 2011, pembalap Spanyol ini tampil menjadi yang tercepat meski tidak meraih kemenangan pada balapan ini. Dengan cuaca yang sangat mendukung yakni kering, Pedrosa berhasil memiliki catatan waktu 1 menit 33,617 detik.

Dani Pedrosa (Foto: AFP)

Kecepatan itu ia dapatkan saat melakukan Pedrosa melakoni balapan di lap kesembilan. Catatan waktu tersebut sekaligus memecahkan catatan waktu fastest lap sebelumnya yang dipegang Valentino Rossi pada 2006 yang meraih waktu 1 menit 33,678 detik.

4. Marc Marquez (2014)

Juara dunia MotoGP empat kali itu mencatatkan diri pernah jadi yang tercepat saat mengaspal di Sirkuit Le Mans pada 2014. Marquez juga menjadi sosok yang superior pada tahun tersebut karena mampu tampil mendominasi. Sebab saat itu ia meraih pole position yang kemudian keluar sebagai pemenang.

Marc Marquez (Foto: AFP)

Melintas di balapan kering, Marquez mampu mencatatkan waktu tercepat pada saat itu dengan raihan 1 menit 33,548 detik. Catatan waktu itu diperoleh The Baby Alien –julukan Marquez- saat memutari lintasan di lap ke-8. Raihan itu sekaligus memecahkan rekor sebelumnya milik Pedrosa pada 2011.

3. Valentino Rossi (2016)

Legenda hidup MotoGP itu mencatatkan diri pada papan pembalap fastest lap di Sirkuit Le Mans, Prancis. Meski harus puas dengan posisi runner-up, Rossi berhasil menjadi pembalap yang tercepat pada MotoGP Prancis 2016.

Valentino Rossi (Foto: AFP)

The Doctor –julukan Rossi- sukses mencatatkan waktu tercepat dengan raihan 1 menit 33,293 detik yang didapat di lap keempat. Cuaca kering juga mendukung performa VR46 yang saat itu menggeber kecepatan tinggi untuk mengejar rekannya, Jorge Lorenzo di posisi terdepan.

2. Valentino Rossi (2015)

Meski dua tahun sebelumnya Rossi mencetak fastest lap yang tinggi, tetapi pada tiga tahun ke belakang performanya jauh lebih baik. Pada 2015 ia mampu memecahkan rekor kecepatan Marquez yang diraih pada 2014.

Saat itu pun, Rossi lagi-lagi harus puas menerima posisi runner-up setelah kalah bersaing dengan rekannya sendiri Lorenzo. Namun, di situ ia mampu mencetak waktu tercepat kedua diantara fastest lap yang pernah diukir para pembalap.

Valentino Rossi (Foto: AFP)

VR46 berhasil mencatatkan waktu 1 menit 32,879 detik yang diraihnya pada lap keempat. Catatan ini merupakan yang paling tercepat, setelah dalam beberapa tahun terakhir, tak ada pembalap yang mampu raihan 1 menit 32 detik pada sesi balapan.

1. Maverick Vinales (2017)

Kecepatan Rossi yang mampu menembus waktu 1 menit 32 detik akhirnya berhasil dipecahkan pada MotoGP Prancis 2017. Dia pun rekan setimnya sendiri yakni Vinales. Pembalap berpaspor Spanyol itu berhasil memecahkan rekor milik Rossi yang sudah dipegang selama dua tahun.

Pembalap berjuluk Top Gun itu mencetak waktu tercepatnya di Sirkuit Le Mans dengan catatan 1 menit 32,309 detik. Menariknya kecepatan tinggi ini didapat Vinales saat ia menggeber motornya pada pengujung akhir balapan yakni di lap ke-28.

Maverick Vinales (Foto: AFP)

Tak hanya tampil menjadi fastest lap, pada balapan tersebut Vinales mampu tampil mendominasi layaknya Marquez pada 2014. Ia meraih pole position dan mampu menutup balapan dengan kemenangan.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini