Image

Repsol Honda Berada 3 Langkah di Depan Para Rivalnya

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 01:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 17 38 1899640 repsol-honda-berada-3-langkah-di-depan-para-rivalnya-6kodv0yaQg.jpg Marc Marquez dan Dani Pedrosa (Foto: AFP)

LE MANS – Dalam beberapa musim terakhir Repsol Honda merupakan tim yang dapat dikatakan mendominasi gelaran kejuaraan MotoGP. Hal tersebut bahkan diakui oleh salah satu pesaing Repsol Honda, yakni Geleto Nieto, yang merupakan Manajer Tim Angel Nieto. Tanpa ragu, Nieto menyebut kalau saat ini Honda berada dua hingga tiga langkah di depan para rivalnya.

Nieto tentunya mengacu kepada kualitas motor yang dimiliki oleh Honda sudah jauh lebih baik jika dibandingkan dengan para pesaingnya. Menurutnya, yang menjadi keunggulan terbesar motor Repsol Honda ketimbang motor tim lainnya adalah ketika melaju di tikungan lambat, di mana motor mereka bisa memotong dengan sangat baik.

(Baca juga: Pedrosa: MotoGP Prancis Selalu Banyak Tantangan)

Dani Pedrosa

Faktor lainnya yang dinilai oleh Nieto sebagai senjata utama Repsol Honda adalah hadirnya Marc Marquez sebagai pembalap mereka. Diakui Nieto bahwa Marquez saat ini berada di level yang berbeda dengan para pembalap lainnya. Bagaimana tidak, pasalnya dalam lima musim terakhir, pembalap berjuluk The Baby Alien itu memenangkan empat gelar juara dunia MotoGP.

“Di MotoGP, Tim Repsol Honda berada dua atau tiga langkah di depan para rival mereka, utamanya Marc. Keuntungan terbesar yang mereka miliki sekarang adalah saat berada di tikungan lambat, motornya memotong ke dalam tikungan dengan sangat baik,” ujar Nieto, seperti diwartakan oleh Paddock Talk, Jumat (18/5/2018).

“Mereka bahkan melaju melewati rumble strip, di bagian dalam, hal-hal yang para pembalap lain tidak melakukannya. Keduanya, Marc dan Dani (Pedrosa) mengendarai motor dengan sangat mudah keluar dari tikungan. Tahun ini Marc terlihat lebih percaya diri. Saya pikir Honda telah bekerja keras dan dia (Marquez) yakin kalau dia lebih unggul dari para pesaingnya,” lanjut Nieto.

Marc Marquez

Saat ini, Marquez berada di puncak klasemen sementara MotoGP dengan koleksi 70 poin, unggul 12 angka dari pembalap Yamaha Tech3, Johann Zarco, yang menempati posisi kedua. Dari empat seri balapan yang telag dijalani musim ini, Marquez naik ke atas podium sebanyak tiga kali, di mana dua di antaranya hadir sebagai pemenang.

Sementara itu, satu balapan lainnya adalah kekecewaan, di mana The Baby Alien mendapatkan penalti waktu yang membuatnya gagal meraih poin usai terlibat insiden dengan pembalap kawakan Movistar Yamaha, Valentino Rossi.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini