nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Luthi Harap Momentum Tes Pasca-Balapan di Jerez Bisa Terulang ke Le Mans

Bagas Abdiel, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 20:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 17 38 1899549 luthi-harap-momentum-tes-pasca-balapan-di-jerez-bisa-terulang-ke-le-mans-kWlGARJLLq.jpg Thomas Luthi (Foto: Speedweek)

LE MANS – Pembalap Tim Marc VDS, Thomas Luthi, mengharapkan momentum terbaik di tes pasca-balapan Jerez bisa terulang ke balapan di Prancis. MotoGP 2018 seri kelima tersebut rencananya akan berlangsung di Sirkuit Le Mans, Prancis, Minggu 20 Mei 2018 malam WIB.

Pada balapan di MotoGP Spanyol, Luthi memang harus puas pulang tanpa poin setelah mengalami kecelakaan pada lap ke-11. Namun, ia sedikit memperbaikinya di tes pasca-balapan dengan menunjukkan performa yang cukup apik.

Meski hanya menempati posisi ke-15 dengan catatan waktu 1 menit 39,643 detik, tetapi raihan ini dianggap pembalap berpaspor Swiss itu sebagai hasil yang lebih baik ketimbang saat balapan. Tentu saja capaian ini yang diinginkan Luthi saat nanti mentas di MotoGP Prancis 2018.

Baca juga Yamaha Siap Buat Rossi dan Vinales Mentereng di MotoGP Prancis 2018

“Ini mengecewakan untuk keluar dari balapan di Jerez, tetapi tes satu hari pada Senin adalah yang penting bagi kami. Kami membuat langkah lagi dengan motor, mengidentifikasi ke arah mana kami harus pergi dengan set-up,” ungkap Luthi, mengutip dari laman resmi Tim Marc VDS, Kamis (17/5/2018).

Thomas Luthi (Foto: AFP)

“Saya mampu meningkatkan kecepatan saya dari hari sebelumnya, terutama pada ban bekas, dan itu memberi saya perasaan positif terhadap Le Mans,” tambah pembalap berusia 31 tahun tersebut.

Jika meniliki penampilan Luthi di Sirkuit Le Mans, memang ini akan menjadi debutnya ketika menggeber motor MotoGP. Tetapi, di kelas sebelumnya, Luthi selalu berhasil meraih kesuksesan. Baik di kelas 125 cc atau pun Moto2, Luthi masing-masing berhasil meraih dua kemenangan di Sirkuit Le Mans.

Akan tetapi, Luthi sangat menyadari bahwa kondisi atau akan berbeda ketika tampil di kelas MotoGP. Tak hanya harus beradaptasi dengan lawan-lawan yang dihadapi, tetapi juga dengan motor yang berbeda dengan kelas-kelas sebelumnya.

Thomas Luthi (Foto: AFP)

“Sesi latihan pertama di Le Mans akan sibuk, karena ini adalah trek baru bagi saya dengan motor MotoGP. Saya perlu mempelajari garus dan menemukan titik pengereman. Tetapi saya berharap kami dapat membawa momentum yang kami peroleh pada tes Jerez di Le Mans,” tambahnya.

Saat ini Luthi memang membutuhkan balapan untuk bisa membuktikan dirinya di kelas MotoGP. Pasalnya hingga seri keempat, pembalap rookie itu belum mampu mendapatkan poin satu pun. Saat ini ia menduduki posisi ke-24 klasemen pembalap sementara.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini