Image

Crutchlow Ingin Buat MotoGP Lebih Diminati Masyarakat Britania Raya

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 01:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 16 38 1899192 crutchlow-ingin-buat-motogp-lebih-diminati-masyarakat-britania-raya-ssAkxMzymT.jpg Cal Crutchlow, Pembalap LCR Honda (Foto: Laman Resmi MotoGP)

LE MANS – Tak ada yang meragukan bahwa MotoGP merupakan salah satu olahraga paling populer yang ada di dunia saat ini. Namun begitu, tak bisa dimungkiri kalau popularitas MotoGP masih kalah dibandingkann dengan olahraga lainnya, seperti sepakbola, utamanya di wilayah Britania Raya.

Maka dari itu, pembalap Tim LCR Honda, Cal Crutchlow, bertekad untuk kembali membuat MotoGP atau ajang balap motor grand prix menjadi olahraga yang populer di Britania Raya. Crutchlow mengaku memahami bahwa publik Britania Raya kurang antusias terhadap MotoGP lantaran tidak ada pembalap yang berasal dari sana yang mampu tampil gemilang di ajang tersebut.

(Baca juga: Marquez dan Rossi Akan Duduk Bersama di Konferensi Pers MotoGP Prancis 2018)

Johann Zarco dan Cal Crutchlow

Pembalap asal Britania Raya terakhir yang mampu memenangkan kejuaraan balap motor grand prix adalah Barry Sheene pada 1977. Setelah itu, hingga saat ini tak ada satu pun pembalap asal Britani Raya yang mampu mengulangi pencapaian yang serupa dengan Sheene. Maka, tak ayal, publik Britania Raya sedikit banyak merasa kecewa dan membuat mereka kurang antusias.

Maklum saja, sejak memasuki era milenium, yakni pada 2001, juara di kelas premier ajang balap motor grand prix selalu didominasi oleh para pembalap dari Italia dan Spanyol. Valentino Rossi sebagai perwakilan Italia secara total telah menjadi juara dunia sebanyak tujuh kali di kelas premier. Sedangkan perwakilan Spanyol mengoleksi tujuh gelar, yang mana empat titel atas nama Marc Marquez dan tiga lainnya menjadi miliki Jorge Lorenzo.

Kendati demikian, Crutchlow nyatanya enggan berputus asa. Meski pulang baginya terbilang kecil untuk meruntuhkan dominasi Spanyol dan Italia tersebut, namun ia tetap bertekad meningkatkan level pembalap Britania Raya di mata dunia. Ia berharap agar mampu berada di level yang sama seperti Sheene, sehingga dapat menarik minat publik Britania Raya terhadap MotoGP.

 Cal Crutchlow

“Kami mencoba untuk membuat hal itu kembali. Kembali ke masa ketika Barry balapan, itu (balap motor grand prix) merupakan olaharaga yang mainstream di Britania Raya. Dia melakukannya. Semoga kami bisa mencoba membawanya ke pikiran utama orang-orang sebagai salah satu olahraga terbaik di dunia,” ucap Crutchlow, menukil dari BBC, Kamis (17/5/2018).

“Jika kami bisa mengajak orang-orang menonton, mereka akan menyukainya. Semua orang yang datang ke MotoGP untuk pertama kalinya mengatakan kalau ini adalah olahraga terbaik yang pernah mereka tonton dan kami berniat untuk tetap menjaganya seperti itu,” tuntas Crutchlow.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini