nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Crutchlow Akui Belum Pantas Disejajarkan dengan Barry Sheene

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 00:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 16 38 1899189 crutchlow-akui-belum-pantas-disejajarkan-dengan-barry-sheene-L8BxFh1Qo3.jpg Cal Crutchlow, Pembalap LCR Honda (Foto: Laman Resmi MotoGP)

LE MANS – Hasil apik yang didapat pembalap Tim LCR Honda, Cal Crutchlow, pada dua seri pertama MotoGP 2018, yang dilangsungkan di Qatar dan Argentina, tak ayal sempat melambungkan namanya. Bahkan, Crutchlow sempat disejajarkan dengan legenda balap asal Britania Raya, Barry Sheene. Kendati begitu, Crutchlow justru merasa masih belum pantas jika disamakan dengan Sheene.

Seperti diketahui, Crutchlow sempat menduduki puncak klasemen pembalap MotoGP setelah dilangsungkannya dua seri balapan pertama di musim ini. Capaian Crutchlow tersebut lantas membuatnya mengukir rekor sebagai pembalap asal Britania Raya pertama yang mampu menjadi pimpinan kejuaraan di kelas premier balap motor grand prix setelah Sheene pada 1977.

(Baca juga: Pembalap Spanyol Rajai MotoGP Prancis dalam 6 Musim Terakhir)

Cal Crutchlow

Sebelumnya, pada MotoGP 2016, Crutchlow juga sempat mengukir catatan apik kala mentas di Sirkuit Brno, Republik Ceko. Pasalnya, pada balapan tersebut Crutchlow meraih kemenangan pertamanya di kelas MotoGP. Hasil itu juga lekas menjadikan Crutchlow sebagai pembalap asal Britania Raya pertama yang mampu memenangi balapan di kelas premier balap motor grand prix setelah Sheene pada 1981.

Maka dari itu, banyak pihak yang menilai kalau Crutchlow akan menjadi pembalap yang tangguh di musim ini guna bersaing dalam perebutan gelar juara. Namun begitu, harus disayangkan karena pada dua seri balapan berikutnya setelah race di Argentina, wakil Britania Raya itu justru gagal mendapatkan poin.

Pada balapan di Amerika Serikat, Crutchlow sempat terjatuh dan akhirnya finis di posisi ke-19. Sedangkan pada balapan di Spanyol, pembalap 32 tahun itu kembali terjatuh, tetapi kali ini tak mampu melanjutkan balapannya. Meski ia mengaku terhormat disandingkan dengan Sheene, namun Crutchlow menganggap kalau dirinya masih memiliki banyak kekurangan.

 Barry Sheene

“Suatu kehormatan untuk dibandingkan dengan Barry Sheene. Bahkan, suatu kehormatan bisa menjadi seorang pembalap Britania Raya di MotoGP, karena kejuaraan tersebut selama bertahun-tahun telah didominasi oleh para pembalap Spanyol dan Italia,” ungkap Crutchlow, seperti dilansir oleh BBC, Kamis (17/5/2018).

“Untuk dibicarakan dalam kalimat yang sama seperti Barry adalah sebuah kehormatan. Namun, dia memenangkan lebih banyak balapan dan kejuaraan daripada saya. Saya adalah pembalap pertama yang memenangkan balapan di kelas premier dan memimpin kejuaraan semenjak Barry. Namun, dia jelas berada di level yang berbeda dibandingkan dengan level pembalap Britania Raya sekarang,” tukas Crutchlow.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini