nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yamaha Berjaya dalam 3 Musim Terakhir di MotoGP Prancis

Bagas Abdiel, Jurnalis · Rabu 16 Mei 2018 15:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 16 38 1898998 yamaha-berjaya-dalam-3-musim-terakhir-di-motogp-prancis-yF8b5jISny.jpg Jorge Lorenzo saat juara di MotoGP Prancis 2016 (Foto: AFP)

GELARAN MotoGP Prancis menjadi salah satu seri yang sering ditunggu. Sejumlah pembalap pun pernah merasakan podium kemenangan yang berlangsung di Sirkuit Le Mans, Prancis. Akan tetapi dalam tiga balapan terakhir, ada tim yang selalu mendominasi balapan MotoGP Prancis.

Tim tersebut adalah Tim Movistar Yamaha. Pabrikan asal Jepang itu merajai tiga balapan terakhir yang berlangsung di Sirkuit Le Mans. Sejak musim 2015–2017, para pembalap Yamaha mampu menaiki podium tertinggi dengan finis sebagai yang tercepat.

Dua nama yang mewakili Yamaha di tiga seri tersebut adalah Maverick Vinales dan Jorge Lorenzo. Vinales tercatat hanya meraih kemenangan satu kali, sementara Lorenzo mengoleksi dua kemenangan dalam tiga tahun terakhir.

Baca juga  Pembalap Spanyol Rajai MotoGP Prancis dalam 6 Musim Terakhir

Kemenangan Yamaha terakhir diperoleh oleh Vinales pada musim 2017. Pembalap berpaspor Spanyol memang tampil dominan di sepanjang balapan MotoGP Prancis. Tampil di posisi start terdepan, Vinales mampu menuntaskan tugasnya dengan baik dan finis di posisi pertama.

Para Pembalap MotoGP 2018 (Foto: Crash)

Konsistensinya membuat Yamaha kembali bersorak. Sebab pada dua musim sebelumnya, Yamaha tampil memukau di lintasan sepanjang 4,1 km itu. Pada dua musim tersebut, ada nama pembalap Lorenzo yang memberikan kontribusi besar bagi Yamaha.

Pada 2015, Lorenzo mengembalikan kejayaan Yamaha, setelah pada 2013-2014 mereka absen memenangi MotoGP Prancis. Kala itu, Tim Repsol Honda menggeser dominasi Yamaha melalui dua pembalapnya yakni Dani Pedrosa (2013) dan Marc Marquez (2014).

Setelah meraih kemenangannya pada 2015, Lorenzo mampu mempertahankan prestasinya pada musim berikutnya. Pembalap berpaspor Spanyol itu kembali menunjukkan konsistensinya yang sejak awal selalu memimpin balapan.

Meski begitu, pertanyaan kini muncul pada musim 2018. Dominasi Yamaha seakan berhenti. Satu kemenangan pun belum diraih para pembalap tim asal Jepang itu. Melalui dua pembalapnya yakni Vinales dan Valentino Rossi, keduanya harus berusaha sekuat mungkin untuk bisa memperatahankan prestasi ini.

Maverick Vinales (Foto: AFP)

Bukan hanya untuk mempertahankan pencapaian mereka di Le Mans, tapi juga untuk merebut kemenangan perdana mereka pada musim ini. Kini mereka tidak bisa mengandalkan Lorenzo yang tercatat telah meraih kemenangan lima kali di Le Mans saat membela Yamaha.

Vinales menjadi harapan ketika performanya musim lalu bisa mendominasi MotoGP Prancis. Begitu pun dengan Rossi. Seperti diketahui, bahwa performa dari dua pembalap Yamaha ini tengah naik turun.

Lalu akankah keperkasaan Yamaha di MotoGP Prancis berhasil dipertahankan pada musim ini? Atau pembalap Honda bisa mengambil alih seperti halnya pada 2013 dan 2014? Menarik untuk ditunggu.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini