Image

Pembalap Spanyol Rajai MotoGP Prancis dalam 6 Musim Terakhir

Bagas Abdiel, Jurnalis · Rabu 16 Mei 2018 12:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 16 38 1898919 pembalap-spanyol-rajai-motogp-prancis-dalam-6-musim-terakhir-rTckSYQvMs.jpg Maverick Vinales (Foto: AFP)

BALAPAN MotoGP Prancis selalu mengundang cerita tersendiri bagi para pembalap. Pasalnya setiap mengaspal di sirkuit Le Mans itu, para pembalap selalu mendapat tantangan yang cukup tinggi. Sehingga tak jarang selalu ada kejutan yang terjadi di lintasan sepanjang 4,1 km itu.

Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku bagi para pemenang. Bukan soal nama para pembalap yang memenangi balapan tersebut, tetapi asal negara dari pembalap. Meski kejutan-kejutan terus dihadirkan dari balapan MotoGP Prancis, tetapi pemenang selalu datang dari pembalap berpaspor Spanyol.

Dalam enam musim terakhir, terhitung sejak 2012-2017, para pembalap Spanyol merajai balapan MotoGP Prancis. Terakhir, pembalap Tim Movistar Yamaha yakni Maverick Vinales keluar sebagai pemenang pada balapan musim 2017. Kala itu Vinales mampu menunjukkan konsistensinya sejak awal balapan.

Baca juga Marquez dan Rossi Akan Duduk Bersama di Konferensi Pers MotoGP Prancis 2018

Start sebagai pole position, pembalap berusia 24 tahun itu mampu menutup balapan tersebut dengan tetap berada di posisi pertama. Kemenangan ini juga menjadi yang pertama bagi Vinales kala mengaspal di Sirkuit Le Mans pada kelas MotoGP.

Jorge Lorenzo (Foto: AFP)

Selain itu, ada Jorge Lorenzo yang kala itu masih membela Tim Movistar Yamaha. Pembalap berusia 30 tahun itu bahkan tercatat mampu mengoleksi tiga kemenangan di enam musim terakhir pada 2012, 2105, dan 2016. Lebih lagi jika melihat catatan sejak 2009, Lorenzo menjadi pengumpul titel terbanyak dengan memenangi balapan MotoGP Prancis sebanyak lima kali.

Akan tetapi kondisi tersebut sedikit berbeda kala Lorenzo hijrah ke Ducati pada musim lalu. Hasilnya ia harus menyerahkan takhtanya kepada rekan senegaranya Vinales yang menggantikan posisinya di Movistar Yamaha. Sementara ia harus puas finis di posisi keenam di MotoGP Prancis 2017.

Nama kembali yang muncul dari pembalap Spanyol adalah Marc Marquez. Pembalap berjuluk The Baby Alien itu tampil sebagai pemenang di MotoGP Prancis adalah pada musim 2014. Ini menjadi kemenangan satu-satunya dan hasil paling positif kala mengaspal di Sirkuit Le Mans.

Marc Marquez (Foto: AFP)

Sedangkan satu kemenangan lainnya didapat Pembalap Tim Repsol Honda lainnya yakni Dani Pedrosa. Pembalap berjuluk The Little Spaniard itu keluar sebagai pemenang kala melakoni balapan pada musim 2013. Itu juga merupakan prestasi terbaik bagi Pedrosa di Prancis saat tampil di kelas MotoGP.

Lalu bagaimana dengan musim ini? Akankah pembalap Spanyol kembali menguasai MotoGP Prancis. Namun seperti diketahui, pembalap tuan rumah yakni Johann Zarco memiliki ambisi untuk bisa meraih podium pertamanya di rumah sendiri. Mungkinkah pembalap Tim Yamaha Tech 3 itu memecah kebuntuan dari para pembalap Spanyol? Menarik untuk ditunggu.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini