nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sosialisasi Asian Games 2018 Singgah di Kirgistan

ant, Jurnalis · Kamis 03 Mei 2018 03:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 02 43 1893836 sosialisasi-asian-games-2018-singgah-di-kirgistan-LQHopNm3Nm.jpg Ketua Inasgoc, Erick Thohir. (Foto: Antara)

JAKARTA – Sosialisasi Asian Games 2018 Jakarta-Palembang yang diprakarsai oleh Dewan Olimpiade Asia (OCA) dengan tajuk "2018 Asian Games Fun Run" terus bergerak pelaksanaannya dan selanjutnya singgah di Kirgistan, Kamis (3/5/2018).

Berdasarkan data yang dihimpun media dari INASGOC di Jakarta, Rabu 2 Mei 2018, sosialisasi di Kirgistan ini terasa istimewa kareka bertepatan dengan pelaksanaan Olympic Solidarity (OS) dan OCA Regional Forum sehingga beberapa perwakilan negara lain akan bertemu.

Sesuai dengan rencana, "2018 Asian Games Fun Run" ini akan dipusatkan di lapangan Yujnie Vorota Bishkek, Kirgistan. Beberapa kegiatan lain juga sudah disiapkan oleh pihak tuan rumah.

Baca juga: Asian Games 2018, Sarana Promosi Indonesia di Mata Dunia

(Erick Thohir. Foto: Antara)

"Dalam pekan ini, kami mendapat kehormatan karena dua kegiatan besar berlangsung di negeri kami, yaitu OS dan OCA Regional Forum, serta Fun Run Asian Games 2018 Jakarta Palembang. Kami berharap, hal ini bisa membawa dampak positif bagi perkembangan olahraga di Kirgistan, serta kami berperan besar untuk mempromosikan Asian Games 2018 agar semakin banyak warga Kirgistan mendukung pesta olahraga Asia itu," kata Menpora Kirgistan, Kanat Amankulov dalam keterangan resminya.

Menurut rencana, "2018 Asian Games Fun Run" akan diikuti sekitar 1.000 pelari, dengan didominasi anak-anak berusia 10-15 tahun berjumlah sekitar 600 orang. Peserta lainnya terdiri atas masyarakat kota Bishkek, atlet disabel, serta beberapa atlet nasional negeri tersebut. 

Start akan dilakukan di Lapangan Yujnie Vorota, atau yang berarti, gerbang selatan. Selain kegatan olahraga, ajang itu juga akan menampilkan pertunjukan budaya Kirgistan, seperti tarian tradisional, Agat Dance.

"Kami berterima kasih kepada pemerintah Kirgistan yang bersedia menjadi tuan rumah fun run sekaligus mempromosikan Asian Games 2018 Jakarta Palembang. Indonesia sudah siap menjadi tuan rumah. Oleh sebab itu, dalam kesempatan ini, kami tak hanya datang untuk mendukung kegiatan fun run, tapi juga untuk bertemu dengan beberapa NOC peserta Asian Games 2018 dalam rangka menerima registrasi entry by name peserta Asian Games," kata Sekjen Inasgoc Eris Herryanto.

Ajang Asian Games Fun Run yang sudah digelar sejak 2006 dan tujuannya tidak hanya mendukung promosi pesta olahraga Asia yang berlangsung bergilir di banyak negera Asia. Lebih jauh, Asian Games Fun Run juga punya misi menyebarkan nilai-nilai sportifitas, persahabatan, dan antusiasme dalam olahraga, serta hidup sehat dan juga aktif sehingga sasaran dari fun run ditujukan kepada generasi muda.

Baca juga: Tajikistan Ikut Kampanyekan Asian Games 2018

Atas semangat itulah, "Asian Games 2018 Fun Run" untuk pertama kalinya pula mampu menerobos segala hambatan saat berlangsung di Republik Demokratik Rakyat Korea (Korea Utara), pada Selasa (1/5). Kegiatan yang terpusat di Kompleks Olahraga Chongchun itu diikuti sekitar 300 pelari.

"Kini, Asian Games 2018 sarat dengan momen sejarah. Di tengah upaya perdamaian dan penyatuan antara dua Korea, lalu di Jakarta, kemarin Presiden, Joko Widodo mengadakan pertemuan dengan perwakilan kedua negara, maka momen Asian Games 2018 Fun Run di Korea menjadi sumbangsih olahraga bagi persahabatan dan perdamaian," kata Eris menambahkan.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini