Bartholemy Beberkan Alasan Marc VDS Berpisah dengan Honda

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 13:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 17 38 1887669 bartholemy-beberkan-alasan-marc-vds-berpisah-dengan-honda-FW9CGRzR1n.jpg Pembalap Tim Marc VDS Honda, Franco Morbidelli (Foto: MotoGP)

MADRID – Selama empat tahun terakhir, Tim Marc VDS telah bekerja sama dengan Honda. Namun manajer Tim Marc VDS, Michael Bartholemy, menilai hubungan mereka dengan Honda berjalan kurang baik pada beberapa tahun belakang.

Kerja sama Marc VDS dengan Honda sendiri sudah terjalin sejak 2015, saat tim asal Belgia tersebut memutuskan untuk naik kelas ke MotoGP. Kala itu, pembalap asal Inggris, yakni Scott Redding, menjadi pembalap pertama mereka untuk melakoni debut di kelas MotoGP.

BACA JUGA: Marc VDS Sepakat Bermitra dengan Suzuki Musim Depan

Namun, kini Marc VDS memutuskan mengakhiri kerja samanya dengan Honda. Bartholemy pun membeberkan alasan mereka memilih menyelesaikan kerja sama mereka dengan Honda pada MotoGP 2018.

Pembalap Tim Marc VDS Honda, Franco Morbidelli (Foto:MotoGP)

“Kami kehilangan Jack Miller ke Pramac Ducati, kemudian HRC (Honda Racing Corporation) menarik kepala kru kami, Ramon Aurin, pada 2017 untuk menangani pembalap rookie mereka, Takaaki Nakagami. Selain itu, kami juga tidak mendapatkan mesin baru pada musim 2018 ini,” kata Bartholemy, mengutip dari Speedweek, Selasa (17/4/2018).

“Dalam prosesnya, kami bergabung dengan Honda sebagai tim satelit ketika Tim Gresini Racing tidak melanjutkan kerja sama mereka bersama Honda setelah musim 2014. Lalu, ketika tim LCR tidak memiliki uang untuk Jack Miller setelah musim 2015, kami menerimanya sebagai rider kedua kami atas permintaan Honda,” sambung Bartholemy.

"Honda bahkan tidak ingin memberikan kami kecepatan mesin yang lebih tinggi untuk musim 2018, meskipun kami hanya membutuhkan lima mesin daripada tujuh mesin pada 2018. Jadi, mereka tidak maksimal dalam hal daya tahan dan kekuatan," lanjut manajer Tim Marc VDS itu.

BACA JUGA: Ayah Lorenzo Yakin sang Anak Takkan Kembali ke Yamaha

Sebelumnya, Marc VDS muncul sebagai mitra baru yang ideal untuk Yamaha Motor Racing. Berita tersebut tersiar selama beberapa pekan setelah Herve Poncharal, manajer Tim Tech3, mengatakan timnya akan mengakhiri kerja sama dengan Yamaha dan memilih bergabung bersama KTM untuk tiga tahun ke depan setelah MotoGP 2018 berakhir.

Manajer Tim Marc VDS Honda, Michael Bartholemy

Pada GP Qatar yang dihelat 16-18 Maret 2018, Yamaha disebut sudah mulai membicarakan masalah kerja sama tersebut dengan Tim Marc VDS Racing. Kedua kubu dikabarkan sudah menemui kesepakatan untuk tiga tahun ke depan.

Namun, Bartholemy membantah berita tersebut. Bos Marc VDS itu mengatakan belum ada kesepakatan yang terjadi antara Tim Marc VDS dan Yamaha. Penawaran dari Yamaha dinilai kurang menguntungkan untuk Marc VDS. Bartholemy juga menegaskan bahwa timnya belum melakukan kesepakatan dengan pabrikan mana pun.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini