Marc VDS Sepakat Bermitra dengan Suzuki Musim Depan

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 12:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 17 38 1887660 marc-vds-sepakat-bermitra-dengan-suzuki-musim-depan-80w9sTQ4tn.jpg Thom Luthi (Foto: MotoGP)

MADRID - Tim satelit Marc VDS akan segera meninggalkan Honda pada MotoGP musim 2019. Setelah menjalin kerja sama dengan Honda pada ajang MotoGP sejak musim 2015, tim satelit asal Belgia tersebut dikabarkan memilih Suzuki sebagai mitra mereka pada musim depan.

Hingga musim 2018, Marc VDS masih akan menjadi tim satelit Honda karena mereka telah melakukan perpanjangan kontrak selama satu tahun. Namun, pada 2019, kontrak Marc VDS akan berakhir. Karena itu, banyak opsi yang bisa dilakukan mereka untuk bertahan di ajang MotoGP.

Sebelumnya, manajer Tim Marc VDS, Michael Bartholemy, memberikan isyarat akan mengikuti jejak Tim Tech 3 yang memutuskan berpisah dari Yamaha pada MotoGP 2019. Bartholemy terus memeriksa semua penawaran dari Honda, Yamaha, dan Suzuki sebelum keberangkatan ke Argentina pada gelaran seri kedua MotoGP 2018, pekan lalu.

BACA JUGA: Agostini Berharap Masalah Marquez-Rossi Segera Berakhir

Manajer Marc VDS itu mengatakan akan berdiskusi lebih lanjut dengan pemilik tim, Van der Straten, terkait kerja sama mereka dengan Suzuki pada musim depan. Jika semua berjalan sesuai rencana, Suzuki dan Marc VDS akan secara resmi mengumumkan kemitraan MotoGP selama tiga tahun pada akhir pekan mendatang di GP Austin, Texas, Amerika Serikat.

Manajer Tim Honda Marc VDS, Michael Bartholemy (Foto:MotoGP)

Negosiasi yang dilakukan kabarnya sudah hampir final. Pihak Suzuki bahkan turut mengundang dua kepala kru Marc VDS, yakni Diego Gubellini (Morbidelli) dan Gilles Bigot (Tom Luthi), pada Kamis di Las Termas, Argentina, untuk membahas semua rincian yang mereka perlukan. Gubellini dan Bigot juga mengaku sangat antusias menyambut kerja sama dengan mitra baru mereka.

BACA JUGA: Mampu Hindari Crash dengan Marquez, Legenda: Dovi memang Pembalap yang Cerdas!

Pembalap Tim Honda Marc VDS Franco Morbidelli (Foto: MotoGP)

“Kami memulai musim ini dengan baik. Begitu juga dengan hal yang lain. Marc VDS akan bekerja sama dengan Suzuki untuk tiga tahun ke depan, dan pada 2019 nanti kami akan menerima empat mesin pabrik GSX-RR 2019,” ujar Bartholemy, mengutip dari Speedweek, Selasa (17/4/2018).

Dengan kerja sama barunya bersama Marc VDS, Suzuki kini telah menemukan tim satelit mereka di kelas premier MotoGP. Marc VDS menjadi tim satelit pertama Suzuki sejak mereka mengikuti MotoGP pada 2002.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini