Alonso Yakin McLaren Masih Bisa Tampil Lebih Baik Lagi

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 18 April 2018 03:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 17 37 1887964 alonso-yakin-mclaren-masih-bisa-tampil-lebih-baik-lagi-luFQyW0tCW.jpg Pembalap McLaren, Fernando Alonso (Foto: AFP)

SHANGHAI – Jika dibandingkan dengan performa Tim McLaren pada musim lalu, dalam kejuaraan Formula One (F1) 2018, tentunya tim pabrikan asal Inggris itu telah mengalami peningkatan yang terbilang bagus. Kendati demikian, pembalap Tim McLaren, Fernando Alonso, masih belum puas dengan apa yang diperoleh timnya kini karena ia yakin McLaren mampu menampilkan yang lebih.

Seperti diketahui, pada musim lalu McLaren menggunakan mesin kepunyaan Honda. Hasilnya, McLaren justru babak belur lantaran mesin Honda tersebut sering mengalami masalah. Jangankan untuk bersaing di jajaran terdepan, untuk menyelesaikan balapan saja para pembalap McLaren sudah kesulitan karena seringnya permasalahan terjadi.

(Baca juga: Alonso Sebut Persaingan dengan Verstappen Tak Akan Berjalan Mudah)

Namun, pada musim 2018, McLaren memutuskan untuk menjalin kerja sama dan menggunakan mesin Renault. Hingga saat ini, terbukti belum terjadi permasalahan apa pun terkait mesin yang mereka gunakan itu. Para pembalap McLaren pun mampu menyelesaikan balapan hingga garis finis.

(Foto: Fernando Alonso/AFP)

Kendati begitu, Alonso merasa bahwa mesin Renault yang digunakannya kini seharusnya bisa membuatnya tampil lebih baik lagi. Pada tiga seri balapan yang telah dijalani musim ini, pembalap asal Spanyol itu secara berurutan hanya mampu menempati posisi kelima, ketujuh, dan ketujuh.

Meski sudah cukup bagus, tapi itu masih belum sesuai dengan target Alonso yang mengincar posisi podium. Bila menilik Tim Red Bull yang juga menggunakan mesin Renault, Alonso pun yakin kalau ia dan timnya harus melakukan perkembangan lagi demi bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki mesin tersebut. Pasalnya, pada balapan seri ketiga, Tim Red Bull mampu tampil sebagai pemenang balapan, melalui pembalapnya, Daniel Ricciardo.

“Itu menunjukkan kepada kami potensi power unit-nya dan itu member kami motivasi bahwa dengan power unit ini, kami akan bisa bertarung jika kami melakukan pekerjaan yang bagus terkait masalah sasis. Kami belum cukup sampai di sana. Kami harus mendekatkan jarak dan kami harus bekerja lebih keras pada bagian sasis,” jelas Alonso, menukil dari ESPN, Rabu (18/4/2018).

“Kami tahu bahwa kami harus berkembang, tak ada keraguan. Kami tidak bisa menyembunyikan itu. Namun, pada saat yang sama kami melakukan pekerjaan kami di hari Minggu (balapan GP China) dan mendapatkan poin sebanyak yang kami bisa untuk tim,” tandas juara dunia F1 dua kali itu.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini