Image

Verstappen Akui Dapat Pelajaran Hidup di GP China 2018

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 23:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 17 37 1887943 verstappen-akui-dapat-pelajaran-hidup-di-gp-china-2018-29FgXJxRf1.jpg Pembalap Tim Red Bull, Max Verstappen (Foto: AFP)

SHANGHAI – Sebuah insiden terjadi dalam lanjutan seri ketiga Formula One (F1) 2018 yang dilangsungkan di Sirkuit Internasional Shanghai, China. Pasalnya, pembalap muda kepunyaan Tim Red Bull, Max Verstappen, menabrak mobil pembalap Tim Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel, saat mencoba membalapnya.

Tak ayal, karena kejadian tersebut, posisi Vettel pun harus turun ke jajaran tengah, sementara Verstappen harus menuai banyak kritik. Pembalap 20 tahun itu bahkan mendapat kritik pedas dari legenda F1, Niki Lauda, yang mempertanyakan apakah Verstappen memiliki otak atau tidak lantaran tindakan yang dilakukannya terhadap Vettel tersebut.

(Baca juga: Red Bull Kritik Pedas Aksi Verstappen Tabrak Vettel di F1 GP China 2018)

(Foto: Sebastian Vettel vs Max Verstappen/AFP)

Sebelum ini, Verstappen memang dikenal sebagai pembalap muda yang berani tampil agresif. Pada musim 2017 misalnya, pembalap berpaspor Belanda itu mampu memenangkan balapan di seri GP Malaysia dan Meksiko karena aksi beraninya itu. Namun, kini aksi Verstappen justru mendapat banyak kecaman.

Banyak pihak yang menilai kalau Verstappen seharusnya menghentikan penampilannya yang agresif tersebut lantaran dinilai membahayakan pembalap lain. Kendati demikian, Verstappen jsutru merasa kalau yang dilakukannya bukan suatu kesalahan. Namun, ia mengakui kalau dirinya harus lebih baik dalam menganalisis sebelum bertindak.

“Mungkin saya tidak harus tampil tenang, tapi lebih banyak melihat situasi. Saya rasa tidak perlu untuk mengurangi sisi agresif, tapi mungkin saya selama ini memang terlalu agresif,” ujar Verstappen, seperti dilansir oleh F1 Today, Selasa (17/4/2018).

(Foto: Max Verstappen/AFP)

Meski Verstappen ogah mengubah gaya balapannya yang agresif, namun ia mengaku telah mendapat pelajaran hidup dari balapan di GP China. Ia pun menerangkan kalau saat tampil di China, ia merasa diburu untuk segera mendapatkan poin yang bagus. Pasalnya, pada dua seri sebelumnya, Verstappen mendapatkan hasil yang tidak memuaskan.

“Saya telah cukup baik dalam menyalip sebelumnya, namun bagaimanapun tahun ini, mungkin dengan dua balapan sebelumnya yang tidak berjalan baik, saya ingin segera mendapatkan poin dan itu justru melawan diri saya sendiri. Itu adalah pelajaran hidup dan saya harus belajar dari apa yang telah terjadi,” pungkas Verstappen.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini