Image

Rossi dan Marquez Takkan Hadiri Konferensi Pers di MotoGP Amerika Serikat 2018

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Senin 16 April 2018 18:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 16 38 1887367 rossi-dan-marquez-takkan-hadiri-konferensi-pers-di-motogp-amerika-serikat-2018-8mxum5LLJB.jpg Marc Marquez dan Valentino Rossi saat insiden di Argentina (Foto: Laman resmi MotoGP)

AUSTIN – Organisasi penyelenggara MotoGP, Dorna menegaskan, tidak akan ada tatap muka antara pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Valentino Rossi (Movistar Yamaha), dalam konferensi pers jelang race yang akan digelar di Circuit of the America (COTA), Austin pada Kamis 19 April 2018 mendatang.

Jika pembalap Repsol Honda dan Movistar Yamaha tersebut tidak diizinkan untuk mengikuti konferensi pers, maka ruang pers akan diisi Cal Crutchlow (LCR Honda), Andrea Dovizioso (Ducati) dan Johann Zarco (Monster Yamaha Tech 3). Hal itu karena berdasarkan regulasi, pembalap di posisi tiga teratas klasemen MotoGP wajib untuk menghadiri konferensi pers tersebut.

BACA JUGA: Rins Akui Kerasan Jadi Pembalap Suzuki

Marquez dan Rossi terlibat insiden di Sirkuit Termas de Rio Hondo yang merupakan arena penyelenggara MotoGP Argentina. Saat itu insiden terjadi ketika ambisi Marquez untuk menyelesaikan bapalan di posisi depan, justru membuat dirinya mengendarai RC213V dengan cara yang brutal.

Pada lap 20, pembalap berjuluk The Baby Alien itu bermaksud menyalip Rossi, namun manuver yang ia lakukan di tikungan ke-13 malah menyenggol motor rider asal Italia tersebut. Alhasil, rider kawakan itu melebar dari lintasan dan kehilangan kendali atas motornya.

Drama di Argentina tidak berhenti sampai di situ. Pasca-balapan Marquez dan timnya mendatangi paddock Movistar Yamaha dengan niat untuk meminta maaf. Namun, pihak The Doctor –julukan Rossi– tidak menerima kedatangan rivalnya tersebut dan kemudian mengusirnya keluar dari paddock. Di sisi lain, Dorna juga menilai The Doctor bertindak terlalu jauh dengan komentarnya.

BACA JUGA: Pendapat Crutchlow soal Peluang Tim Satelit pada MotoGP 2018

Karena tidak diizinkan mengikuti konferensi pers, maka pertemuan pertama kedua rider pascainsiden di Argentina akan terjadi di sirkuit pada sesi latihan bebas yang dilaksanakan pada Jumat 20 April 2018. Dorna memutuskan untuk mengambil langkah ini, untuk menghindari pertanyaan yang bisa menghasilkan masalah yang lebih rumit bagi Marquez dan Rossi.

COTA adalah sirkuit yang selalu menguntungkan gaya mengemudi The Baby Alien, sejak di gelar pertama kali pada 2013, belum ada yang bisa mengalahkan dominasi pembalap 22 tahun tersebut. Pembalap asal Spanyol itu merebut podium juara MotoGP Austin pada musim 2013-2017.

Namun, Yamaha juga memiliki rapor yang cukup bagus di sana. Sejak 2013, hanya sekali tak ada pembalap mereka yang naik podium. Sedangkan Rossi mampu merebut podium dua kali dari tiga balapan terakhir di sana.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini