Image

Pendapat Crutchlow soal Peluang Tim Satelit pada MotoGP 2018

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Senin 16 April 2018 13:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 16 38 1887203 pendapat-crutchlow-soal-peluang-tim-satelit-pada-motogp-2018-sLS5vPBQZk.jpg Tim LCR Honda bersama pembalap mereka, Cal Crutchlow (Foto: Juan Mabromata/AFP)

MONTE CARLO - Pembalap Tim LCR Honda, Cal Crutchlow, mengatakan dirinya memiliki rasa optimisme tinggi untuk berprestasi pada MotoGP 2018. Setidaknya masih ada kesempatan bagi para pembalap tim satelit, termasuk dirinya untuk menembus dominasi tim pabrikan seperti Honda dan Yamaha. Hasil akhir MotoGP Argentina 2018 menjadi bukti bahwa pembalap tim satelit bisa unjuk gigi.

Mantan rider andalan Yamaha Tech 3 tersebut finis di urutan pertama pada seri kedua yang digelar di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina. Sementara itu, dua tim satelit, yaitu Yamaha Tech 3 dan Pramac Ducati juga mampu bersaing di posisi terdepan pada GP Qatar dan GP Argentina musim ini

Crutchlow memberikan pendapatnya mengenai dominasi tim satelit pada dua race pembuka MotoGP musim ini. Pembalap berkebangsaan Inggris itu mengatakan, meskipun tim pabrikan terlihat mengalami sedikit kesulitan pada balapan di awal musim, namun mereka memiliki lebih banyak sumber daya, hal tersebut membuat persiapan mereka akan lebih maksimal. Menurut rider berusia 32 tahun itu, tim satelit harus mempersiapkan dan memulai GP musim ini dengan sangat istimewa untuk bisa bersaing dengan tim pabrikan sepanjang musim.

BACA JUGA: Rins: Iannone Beri Saya Banyak Pelajaran Berharga

“Kami harus lebih dulu menunggu produsen untuk mulai memasok tim pabrikan dengan bahan baru di Eropa. Ini akan menjadi sedikit lebih sulit bagi produsen yang tidak mendapatkan konsesi karena pengembangan mesin dibekukan sebelum musim dimulai. Selain itu mesin juga tidak dapat dimodifikasi (tidak seperti KTM, Suzuki atau Aprilia). Jadi Anda harus menetapkan prioritas yang tepat,” ujar Crutchlow mengutip dari Speed Week, Senin (16/4/2018).

“Perbedaan jumlah anggota memengaruhi persiapan kami. Tim satelit memiliki sekira 30 anggota, sedangkan tim pabrikan memiliki 90 Anggota. Artinya mereka bisa mempersiapkan semuanya lebih cepat,” lanjutnya.

BACA JUGA: Crutchlow Nilai Perebutan Gelar Juara MotoGP 2018 Berjalan Sengit

“Namun, saya cukup senang dengan hasil di awal musim ini. Dengan motor dan dukungan tim yang ada, saya bisa bersaing dengan tim lain. Selain itu, saya yakin bahwa saya bisa menjadi lebih kuat,” tutupnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini