nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Red Bull Kritik Pedas Aksi Verstappen Tabrak Vettel di F1 GP China 2018

Bagas Abdiel, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 01:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 16 37 1887436 red-bull-kritik-pedas-aksi-verstappen-tabrak-vettel-di-f1-gp-china-2018-DjpguU20bt.jpg Max Verstappen (Foto: AFP)

SHANGHAI – Tim Red Bull mengaku kecewa dengan performa pembalapnya yakni Max Verstappen yang tampil gegabah pada seri ketiga Formula One (F1) 2018 di Sirkuit Internasional Shanghai, China pada Minggu 15 April 2018 siang WIB. Pasalnya pada balapan tersebut, pembalap berpaspor Belanda itu melakukan aksi kontroversial dengan menabrak pembalap Tim Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel.

Pernyataan pertama keluar dari penasihat Tim Red Bull yakni Helmut Marko. Mantan pembalap berusia 74 tahun tersebut mengaku sedikit kecewa dengan akis Verstappen yang terlalu terburu-buru. Seandainya, pembalap berusia 20 tahun itu bisa sabar, Red Bull bisa mewujudkan mimpi mereka untuk bisa meraih dua podium teratas di balapan F1  20178 seri ketiga tersebut.

Namun Marko telah mengonfirmasi bahwa Verstappen telah menyesali perbuatannya. Verstappen pun menyadari jika kelalaiannya mengakibatkan ia harus puas finis di posisi kelima. Padahal ia memiliki kesempatan untuk berdampingan dengan Daniel Ricciardo yang berada di posisi pertama.

Baca juga Ricciardo Persembahkan Kemenangan F1 GP China 2018 untuk Tim Red Bull

“(Verstappen) perlu mengendalikan dirinya sedikit. Max sangat muda dan dia membuat kesalahan serta meminta maaf, itu adalah bagian dari perlombaan,” ungkap Verstappen, mengutip dari Marca, Selasa (17/4/2018).

“Saya mengatakan kepadanya bahwa waktunya akan tiba. (Tetapi akhirnya) dia tahu ada yang hilang yakni kemenangan. Kami telah kehilangan kemenangan ganda, (posisi) satu-dua, karena mobil kami sangat cepat dan strategi kami sangat bagus,” tambahnya.

Komentar lebih pedas datang dari Bos Red Bull sendiri yakni Christian Horner. Pria berusia 44 tahun itu bahkan untuk menyarankan pembalapnya dikenakan penalti waktu 10 detik. Tetapi ia tetap mendukung Verstappen untuk bisa menambah pengalaman di usia yang masih muda.

Baca juga Hasil Race F1 GP China 2018

“Saya pikir hukuman sepuluh detik adil, dia perlu memahami hal-hal tersebut. Max lapar, dia sangat cepat dan hanya butuh pengalaman,” lanjut Horner.

Sementara sang korban yakni Sebastian Vettel pun mengaku sudah pasrah jika Verstappen ingin merebut posisinya. Bahkan, ia akan dengan senang hati untuk mempersilakan Verstappen untuk segera melewatinya.

“Jelas dia akan menyusul saya, saya menuggunya untuk melakukannya dan saya bisa menunggu satu lap lagi. Saya bisa selesai di podium sebenarnya tetapi saya tidak, itu memalukan,” tutup Vettel.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini