Image

Jelang Porprov, Atlet Lokal Pacu Kesiapan di Bangka MTB XCO 2018

Arsan Mailanto, Jurnalis · Sabtu 14 April 2018 09:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 14 43 1886558 jelang-porprov-atlet-lokal-pacu-kesiapan-di-bangka-mtb-xco-2018-ZrBrPpb0v9.jpg Atlet Balap Sepeda (Foto: Okezone)

PANGKALPINANG - Demi menciptakan kesiapan atlet lokal menuju Porprov 2018,  Bangka MTB XCO 2018 menggelar ajang perlombaan balap sepeda tingkat nasional yang memperebutkan Piala Gubernur Cup 2018 di Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung (Babel).

Ketua Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Bangka Belitung, Ferdiyan Hermawan Loebis, mengatakan bahwa ajang balap sepeda ini diikuti para pembalap dari dalam Kabupaten/Kota di Babel serta dari luar daerah di antaranya, Palembang, Jakarta, Bandung, dan Bogor.

"Jalur trek lokasi ajang bergengsi tersebut terletak di Papingo Bike Park Jembatan 12, Pangkalpinang, dan akan berlangsung pada Sabtu-Minggu 14-15 April 2018," ujarnya kepada awak media saat dikonfirmasi, di Pangkalpinang, Jumat 13 April 2018.

Dia menjelaskan, Pemprov Babel melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga Babel bekerjasama dengan Ikatan Sepeda Sport Seluruh Indonesia (ISSI) Babel, ISSI Kota Pangkalpinang, dan ISSI Kabupaten Bangka Tengah demimenghadirkan event perlombaan bertaraf nasional maupun internasional di daerah Babel.

"Jadi ajang ini upaya Pemprov Babel bersama induk olahraga sepeda nasional ISSI Babel, untuk menjaring dan melahirkan atlet balap sepeda lokal berprestasi daerah. Sehingga ke depannya dapat meraih prestasi pada tingkat nasional bahkan internasional," tukas Ferdiyan seraya optimis.

Terkait jumlah peserta, kata dia sampai dsaat ini ada 80 peserta yang sudah mendaftarkan mengikuti ajang Bangka MTB XCO 2018 tingkat nasional ini dalam memperebutkan Piala Gubernur Cup 2018.

"Kita dari panitia menargetkan jumlah peserta yang akan mengikuti perlombaan ini sebanyak 150 peserta, baik peserta lokal maupun daerah luar Babel," terangnya.

Pria yang akrab disapa Bob itu juga menyebutkan bahwa sampai saat ini pembalap dari luar daerah sudah mulai berdatangan, untuk mengikuti ajang bergengsi balap sepeda tingkat nasional.

"Untuk besok balap sepeda ini dimulai dari kelas lokal khusus masyarakat Babel, sedangkan untuk kelas elit akan tanding pada Minggu 15 April 2018, mulai dari pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai," paparnya.

Sedangkan menyoal trek, diakui Ferdiyan sangat unik pasalnya di selenggarakan di tengah-tengah kota.

"Ini sangat jarang dilakukan dan kita sangat bangga karena para wisatawan yang berkunjung ke Babel, dapat menyaksikan pertandingan balap sepeda. Lokasinya pun cukup strategis," kilahnya.

Sejatinya, Ferdiyan juga mengingatkan khusus atlet lokal Babel dalam kesempatan ini dapat dijadikan ajang meraih prestasi terbaik. Jadikan juga kesiapan untuk menghadapi perhelatan olahraga tertinggi daerah Babel, Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2018 pada September mendatang yang berlangsung di Bangka Tengah.

Sekadar informasi ajang Bangka MTB XCO 2018, masing-masing kategori peserta balap sepeda akan mengikuti perlombaan di bagi beberapa kelompok perlombaan di antaranya: Junior Open, Senior Open, Master A Open, Master B Open, Women Open, Junior Lokal Babel, dan Senior Lokal Babel.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini