nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Schwantz: Marquez Harusnya Didiskualifikasi sejak Awal Balapan

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 14 April 2018 16:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 14 38 1886688 schwantz-marquez-harusnya-didiskualifikasi-sejak-awal-balapan-JA7mVqVDa0.jpg Marc Marquez, Pembalap Repsol Honda (Foto: Laman Resmi MotoGP)

AALST – Beberapa pihak menilai bahwa berbagai drama yang melibatkan pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, dalam seri kedua MotoGP 2018 di Argentina berawal dari insiden di grid. Bahkan, karena hal tersebut, legenda balap MotoGP, Kevin Schwantz, menilai kalau Marquez seharusnya sudah tak layak mengikuti balapan dan patut didiskualifikasi sejak awal.

Pada balapan di Sirkuit Termas de Rio Hondo tersebut, Marquez dua kali bersinggungan (melakukan kontak fisik) dengan pembalap lainnya, yakni Aleix Espargaro dari Tim Aprilia dan Valentino Rossi (Movistar Yamaha). Meski pada akhirnya Marquez menyelesaikan balapan di posisi kelima, namun pembalap asal Spanyol itu harus mendapat tambahan 30 detik di waktu balapnya karena membuat Rossi terjatuh. Tak ayal, posisi Marquez pun merosot ke tempat ke-18 dengan penambahan waktu tersebut.

(Baca juga: Biaggi: Insiden Rossi-Marquez di MotoGP Argentina 2018 Biasa Terjadi)

Marquez melakukan kontak fisik dengan Espargaro dan Rossi karena gaya balapnya yang serampangan. Pembalap berjuluk The Baby Alien itu seolah kehilangan kendali karena pada awal balapan ia harus mendapat hukuman untuk masuk ke pit lane, yang membuat posisinya berada di urutan ke-20.

Namun, jika menarik sudut lebih jauh lagi. Perkara Marquez sebenarnya terjadi saat di grid. Kala itu, kuda besi Marquez tiba-tiba mati. Karena hal tersebut, Race Director, Tony Congram pun menyarankan Marquez untuk pergi ke pit lane, sesuai peraturan yang telah ditetapkan. Berdasarkan regulasi, pembalap yang kendaraannya mogok harus memulai balapan dari pit lane.

Kendati begitu, Marquez tak menuruti arahan Congram tersebut. The Baby Alien tetap memulai balapan dari grid di barisan para pembalap. Akibatnya, Marquez pun mendapat penalti untuk masuk ke pit lane di tengah balapan, yang kemudian membuatnya justru berada dalam kesulitan.

Menanggapi ulah Marquez tersbeut, Schwantz menilai kalau Marquez seharusnya sudah didiskualifikasi sejak awal. Pasalnya, si pembalap Spanyol telah menentang keputusan yang dibuat Race Director dan tidak mematuhi aturan yang berlaku.

“Jika dia (Marquez) tidak melakukan apa yang Tony katakan kepadanya untuk dilakukan, dia seharusnya sudah didiskualifikasi dari balapan itu sejak beberapa lap pertama,” ucap Schwantz, seperti dilansir Motorsport, Sabtu (14/4/2018).

“Seharusnya seperti ini, ‘Anda diberhentikan, saya sudah mengatakan kepada Anda untuk start dari pit lane, dan Anda tidak melakukan apa yang diberitahukan kepada Anda untuk dilakukan. Itu saja, Nak, Anda keluar.’ Dan itu akan menghentikannya melakukan semua hal bodoh yang terjadi dan dilakukannya,” tandas Schwantz.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini